Senin, Mei 27, 2024
Berita TambangMengenal 3 Barang Tambang yang Miliki Segudang Manfaat

Mengenal 3 Barang Tambang yang Miliki Segudang Manfaat

Indonesia dianugerahi menjadi negara yang terkenal akan sumber daya alam yang berlimpah. Dari banyak sumber daya alam tersebut, satu di antaranya berupa barang tambang yang memiliki segudang manfaat.

Barang tambang juga memiliki banyak jenis, di antaranya seperti batu bara, gas alam, sampai minyak bumi. 

Berbagai barang jenis barang tambang tersebut tentu memiliki manfaatnya masing-masing dalam kehidupan manusia. Contohnya saja seperti minyak bumi yang diolah menjadi bahan bakar untuk kendaraan. 

3 Barang Tambang dan Manfaatnya

Selain itu, apa lagi ya kira-kira manfaat dari kehadiran barang tambang tersebut bagi kehidupan kita? Simak informasinya di bawah ya! 

1. Batubara

Batubara merupakan bahan bakar fosil berupa batu galian yang berbentuk sedimen. Sedimen ini merupakan hasil pembusukan tumbuhan ratusan juta tahun lalu secara biokimia, kimia dan fisika pada suhu dan tekanan tertentu. Unsur utama batubara adalah karbon, hidrogen, oksigen dan nitrogen. 

Manfaat dari bahan tambang ini dipastikan kita semua menikmatinya, yaitu hadirnya energi listrik yang berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). 

2. Minyak Bumi

Minyak bumi terbentuk melalui hasil pembusukan tumbuhan dan hewan jutaan tahun lalu. Komponen utama penyusun minyak bumi adalah senyawa hidrokarbon. 

Bahan Bakar Minyak (BBM) merupakan salah satu hasil olahan minyak bumi, melalui tahap penyulingan hingga terbentuk bahan bakar residu. Bahan bakar residu itu berupa bensin, solar, sampai minyak tanah.

3. Gas Bumi atau Gas Alam

Gas bumi terbentuk jutaan tahun lalu akibat pembusukan tumbuhan dan hewan purba. Proses pembusukan itu menghasilkan zat-zat organik yang terperangkap di sela-sela batuan serta laut. Komponen utama penyusun gas bumi adalah metana (CH4).

Baca Artikel  Menelisik Berbagai Kendala Reklamasi Lahan Bekas Tambang

Gas bumi merupakan bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Gas  (PLTG). Pembangkit listrik termasuk salah satu pembangkit listrik yang ramah lingkungan. Gas bumi juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan pupuk. LPG juga berasal dari gas bumi.

Demikian informasi mengenai deretan barang tambang yang tanpa kita sadari sudah memberikan manfaat dan memudahkan hidup kita. Melihat persediaannya yang semakin menipis, sudah saatnya kita harus bijak dalam memanfaatkannya agar generasi mendatang bisa menikmatinya. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer