Jumat, Maret 1, 2024
Berita TambangMengenal Fungsi Water Truck di Pertambangan

Mengenal Fungsi Water Truck di Pertambangan

Berjalannya segala aktivitas dalam pertambangan tidak dapat dilepaskan dari alat-alat berat pendukung segala aktifitas tambang, seperti water truck.

Misalnya untuk penerangan saat malam membutuhkan genset/tower lamp, pengairan untuk bersih-bersih, cuci unit, sampai pengairan untuk kamar mandi, untuk pengelasan dan aktivitas lainnya. Semua membutuhkan unit-unit untuk bisa menopang segala kebutuhan tersebut.

Fungsi Water Truck Pertambangan

Water truck adalah kendaraan yang berfungsi sebagai unit pembawa air untuk melakukan berbagai kegiatan di antaranya untuk penyiraman jalan tambang, karena mengingat jalan tambang adalah lahan kosong yang sangat berdebu.

Untuk menjaga jalan tetap lembab maka dilakukan penyiraman menggunakan unit water truck. Penyiraman berfungsi untuk mengurangi intensitas debu tambang dan mencegah kondisi tidak aman (unsafe condition) yaitu kondisi jarak pandang terbatas di tambang karena intensitas debu tambang. 

Kondisi jarak pandang di tambang karena debu tambang dapat menyebabkan kecelakaan, seperti tabrakan antar unit alat-alat berat, maupun kendaraan operasional (light vehicle) dan lain-lain.

Penyiraman jalan tambang dilakukan pada jalan angkut, waste dump, front loading, area change shift/parkir alat-alat berat, dan lain-lain di area tambang.

Kegiatan yang dilakukan water truck meliputi filling, moving full, watering, moving empty.

Komponen-Komponen Water Truk

Pada dasarnya setiap unit melakukan kegiatannya pasti dilengkapi dengan beberapa bagian dari bagian tersebut. Begitu pula halnya dengan water truck memiliki beberapa bagian pendukung di antaranya sebagai berikut:

  1. Tank

Tank berfungsi sebagai tempat penampungan air yang akan didistribusikan dalam proses penyiraman. Kapasitas tank unit yang digunakan bermacam-macam, mislanya 80.000 liter.

  1. Spray

Spray berfungsi untuk mendistribusikan atau memancarkan aliran air bertekanan yang dihasilkan oleh pompa.

  1. Water Pump

Water pump berfungsi untuk meningkatkan debit aliran serta tekanan air dari tangki yang selanjutnya didistribusikan keluar melalui spray.

Tekanan yang dihasilkan oleh water pump diharapkan dapat memberikan distribusi air sesuai dengan lebar jalan hauling, serta debit aliran yang dihasilkan cukup untuk menjaga kelembaban tanah dan menekan penyebaran debu.

  1. Water Cannon

Water cannon adalah alat yang digunakan untuk menembak aliran air berkecepatan tinggi. Biasanya dapat menghantarkan air dalam volume besar.

Water cannon di unit water truck digunakan untuk keperluan emergency seperti pemadaman kebakaran dan lain-lain.

  1. Flow Control Valve

Flow Control Valve berfungsi untuk mengatur aliran air yang didistribusikan dalam proses penyiraman.

Apakah kamu pernah melihat Water Truck tambang?

Baca Artikel  Mengenal LiDAR One, Teknologi Drone Canggih di Pertambangan

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer