Minggu, Mei 26, 2024
Berita TambangMengenal Jurusan Kuliah di Teknik Pertambangan

Mengenal Jurusan Kuliah di Teknik Pertambangan

Secara garis besar, ketika kuliah di jurusan teknik pertambangan akan mempelajari hal yang berkaitan dengan proses penambangan material bumi. 

Kendati demikian, pembelajaran ini tidak hanya fokus membahas soal proses tambang saja. Para mahasiswa yang telah menjatuhkan pilihannya di program studi ini dituntut untuk mengetahui sifat dan keuntungan komoditas tambang.

Dalam jurusan ini akan ditemukan pembelajaran khusus yang mengulas bahan galian seperti batu bara, mineral, emas, dan material lainnya. Selain itu, mahasiswa harus mampu mendalami dengan jelas tentang pengaruh penambangan dalam berbagai sektor.

Sebagai preferensi, penambangan mineral memang sangat perlu dilakukan karena menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan manusia. Namun, perhitungan dari sisi ekonomis dan dampaknya harus dikenali dengan luas. 

Baca Artikel  Menelisik Potensi Perkembangan Emas di Jawa Timur

Sederhananya, apakah bahan tambang yang digali tersebut memiliki keuntungan yang besar untuk diaplikasikan di berbagai aspek industri dan seperti apa pengaruhnya di dalam kehidupan sosial.

Pembelajaran lainnya adalah mengenal bagian dari artian proses penambangan. Proses ini meliputi eksplorasi,eksploitasi, dan pemrosesan. 

Eksplorasi sendiri adalah proses pencarian mineral berharga. Kemudian eksploitasi merupakan proses penambangan mineral tersebut. Sedangkan pemrosesan ialah kegiatan memisahkan mineral berharga dari partikel-partikel lain yang menyatu dengan mineral tersebut.

Tidak hanya menguasai pengertian proses penambangan, mahasiswa jurusan teknik pertambangan harus mampu menjabarkan material apa saja yang masuk dalam kategori mineral berharga dan apa yang membedakannya dengan tambang minyak bumi. 

Baca Juga : Mau bekerja di Tambang? Pelajari Ilmu-ilmu Ini!

Baca Artikel  Millennial Wajib Tahu 3 Fakta Pertambangan di Indonesia

Pada inti semua pembelajaran tersebut akan membuat mahasiswa memahami lebih jika sifat yang berbeda dalam kandungan bahan tambang akan meletakkan perbedaan yang signifikan dalam praktik penambangan.

Sebagai tambahan, mahasiswa teknik pertambangan memiliki kesempatan untuk mengaplikasikan ilmunya melalui kerja praktek (magang) dan atau tugas akhir. Kedua pilihan ini tentunya bisa dilakukan di lokasi penambangan.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer