Selasa, April 16, 2024
Berita TambangMengenal Lebih Dekat Dump Truck, Si Monster di Pertambangan

Mengenal Lebih Dekat Dump Truck, Si Monster di Pertambangan

Dump truck adalah alat berat yang dipakai dalam mengangkut material besar dengan jumlah besar di bidang konstruksi pertambangan. Selain untuk mobilitas konstruksi, dump truck juga menjadi transportasi utama untuk angkutan tambang. Misalnya saja pasir, mineral, kerikil hingga limbah, baik itu pada lokasi konstruksi, tambang maupun kuari.

Ketika melihat kawasan pertambangan, mungkin kamu tidak akan merasa asing dengan alat berat ini. Karena pertambangan tentu membutuhkan kendaraan guna mengangkut material tambang dengan mudah.  Penggunaan tipe dump truck tambang biasanya disesuaikan dengan material dan bentuk penambangan. 

Umumnya, kendaraan yang dipakai dalam pertambangan mempunyai ban besar untuk menopang material berat mineral tambang. Jadi, beragam jenis material dapat dipindahkan dalam urusan pertambangan menggunakan dump truck. 

Selain itu, alat berat ini juga biasanya mampu dioperasikan pada medan jalan yang tidak rata di lokasi pertambangan. Jadi kehadiran dump truck tentu dapat memenuhi kebutuhan pemindahan material atau bijih berat.

Baca Artikel  Penasaran Bagaimana Mengoperasikan Dump Truck? Ini Caranya..

Setelah mengetahui apa itu dump truck, kira-kira Kawan Tambang sudah tahu berapa banyak muatan satu dump truck? Intinya, alat berat ini mampu menampung sampai 400 ton. Berat yang sangat besar untuk mengangkut beragam jenis material di pertambangan. 

Alat berat ini juga mampu bekerja pada berbagai keadaan cuaca atau iklim. Baik itu dalam keadaan dingin, panas, penuh debu, dataran tinggi hingga lereng curam. Seluruhnya dapat dilakukan dengan peran operator handal. Sungguh keren bukan? 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer