Rabu, September 27, 2023
MinerbaBatubaraMengenal Lebih Jauh Jenis-jenis Geophysical Well Logging

Mengenal Lebih Jauh Jenis-jenis Geophysical Well Logging

Geophysical Well Logging adalah salah satu teknik kegiatan eksplorasi batu bara.  Geophysical Well Logging memiliki metode dan fungsinya yang berbeda.

Geophysical Well Logging merupakan satu metode untuk melihat kondisi di bawah lubang bor dengan memanfaatkan sifat-sifat fisika seperti resistivitas, radioaktivitas, kecepatan, densitas dan lainnya.

Metode tersebut digunakan untuk melihat sebaran litologi dan endapan batubara dalam suatu lubang. Secara mudahnya adalah memasukkan suatu instrumen ke dalam lubang bor. Instrumen ini mempunyai kepekaan tersendiri tergantung jenis logging yang dilakukan.

Kali ini akan dibahas lebih lanjut terkait dengan jenis-jenis Geophysical Well Logging yaitu:

  • Gamma Ray Log

Pada dasarnya batu bara adalah batuan yang rendah akan unsur radioaktif. Jenis pertama ini digunakan untuk mengukur radiasi sinar gamma yang dihasilkan oleh unsur radioaktif yang berada di lapisan formasi atau pada batuan di lubang bor.

Baca Artikel  Bekas Tambang di Bangka yang Kini Jadi Agrowisata

Uranium, thorium, potassium dan radium adalah unsur radioaktif yang terukur pada jenis log ini. 

  • Resistivitas Log

Jenis log ini menggunakan metode membaca sebaran resistivitas bawah permukaan. Log ini membaca nilai resistivitas batuan yang adalah resistivitas fluida yang terkandung pada batuan.

Umumnya Batu Bara merupakan batuan yang kandungan hidrogen oksigennya rendah dan tinggi akan karbon. Sehingga batu bara memiliki nilai resistivitas yang tinggi.

Akan terlihat anomali tinggi pada pembacaan jenis ini, jika pada sumur terdapat adanya batu bara.

  • Neutron Porosity Log

Fungsi dari log ini adalah untuk mengetahui porositas batuan di dalam sumur. Namun jenis ini tidak mengukur porositas sesungguhnya namun mengukur kandungan hidrogen yang terdapat pada pori-pori batuan.

Baca Artikel  7 Tambang Tembaga Terbesar Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Baca Juga : Mari Kenali Jenis-jenis Bahan Galian Tambang

Semakin banyak kandungan hidrogen yang terdapat di batuan, maka dapat diasumsikan jika batuan tersebut memiliki porositas yang tinggi.

Jika pada pembacaan jenis ini kandungan hidrogennya rendah maka bisa dikatakan adanya endapan batu bara.

Geophysical Well Logging berperan penting dalam kegiatan eksplorasi batu bara, karena dapat membantu menentukan ada atau tidaknya endapan batu bara yang layak ditambang.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer