Rabu, April 17, 2024
Berita TambangMengenal Prospeksi, Tahapan Awal Kegiatan dalam Pertambangan

Mengenal Prospeksi, Tahapan Awal Kegiatan dalam Pertambangan

ilmutambang.com – Prospeksi adalah kegiatan pencarian atau penyelidikan endapan mineral yang berharga. Kegiatan ini merupakan tahapan awal dari kegiatan pertambangan.

Pertambangan merupakan kegiatan industri untuk menyediakan sumber daya alam bagi berbagai sektor kehidupan manusia. Sebelum pertambangan berjalan, setiap perusahaan diharuskan memastikan adanya potensi dan kelayakan sumber daya alam terlebih dahulu.

Salah satu tahapan awal penting dalam kegiatan pertambangan adalah prospeksi. Tahap ini adalah eksplorasi, yaitu menandai daerah yang mengandung endapan mineral yang potensial.

Metode yang digunakan dalam prospeksi adalah pemetaan geologi untuk mengidentifikasi singkapan dan metode tidak langsung seperti studi geokimia dan geofisika.

Baca Artikel  Reklamasi dan Restorasi, Dua Kegiatan Wajib Setelah Penambangan Selesai

Tujuan dari metode tersebut adalah untuk mengidentifikasi endapan mineral yang menjadi target eksplorasi selanjutnya. Juga untuk mengestimasi kuantitas dihitung berdasarkan data geologi, geokimia dan geofisika.

Metode yang biasa digunakan dalam proses prospeksi adalah pemetaan geologi atas bahan galian atau tracing float yang digunakan di kawasan anak sungai dan sekitarnya.

Metode ini jauh lebih mudah digunakan pada musim kemarau dibandingkan musim hujan. Karena saat musim hujan air yang deras akan menghambat aktivitas penyelidikan.

Baca Artikel  Berkat Bantuan PT Kideco, Bakpia Sari Berkah 99 Tembus Pasar Nasional

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer