Minggu, Februari 25, 2024
Berita TambangMelihat Keindahan Museum Bekas Tambang Salina Turda Rumania

Melihat Keindahan Museum Bekas Tambang Salina Turda Rumania

ilmutambang.com – Di bawah tanah Kota Turda, Transylvania di Rumania terdapat tambang garam tua yang kini telah menjadi museum dan tempat wisata yang terkenal.

Tempat wisata ini dulunya adalah tambang garam yang berada di kedalaman 100 meter di bawah tanah. Selain itu, selama Perang Dunia II pernah dijadikan dijadikan tempat perlindungan dan juga digunakan sebagai tempat menyimpan keju.

Tambang Tua

Tambang garam ini diperkirakan dimanfaatkan sedah sejak ribuan tahun yang lalu. Pemanfaatan garam di tambang tua ini tetap dilakukan sampai pertengahan awal abad ke-20.

Tambang ini kemudian ditutup pada 1932 karena digunakan sebagai perlindungan bagi pengungsi dari serangan bom pada saat Perang Dunia II.

Baca Artikel  PT Kideco Jaya Agung Jadi Perusahaan Terbaik dalam Penghargaan ICA dan ISDA 2023

Lalu ruang-ruang dalam tambang ini juga pernah digunakan sebagai tempat penyimpanan keju. Setelah itu, tambang ini tidak digunakan lagi dan terbengkalai.

Tambang Garam

Museum Salina Turda terdiri dari 3 museum, semuanya bekas tambang garam yang saling berhubungan.

Tambang Terezia berada di kedalaman 120 meter, Tambang Antong berada di kedalaman 108 meter dan Tambang Rudolf berada di kedalaman 42 meter.

Saat itu orang belum menggunakan mesin modern seperti sekarang. Ruang-ruang di tambang-tambang ini nampak begitu mengesankan karena digali menggunakan tangan dengan alat-alat yang sederhana.

Museum dan Taman Hiburan

Tambang ini kemudian dibuka kembali pada 1992. Selain telah diubah menjadi museum, tempat ini juga dilengkapi dengan taman hiburan.

Baca Artikel  Kideco Jaya Agung dan Pemkab Paser Bangun Perpustakaan Berbasis Digital

Salina Tundra menawarkan banyak wahana, mulai dari bianglala setinggi 20 meter, lapangan mini golf, meja biliar, meja pingpong, lapangan bola tangan dan arena bowling. Terdapat juga jalur ampiteater dengan kapasitas 180 kursi. Di sini pengunjung dapat menonton pertunjukan, konferensi sampai konser.

Pengunjung dikenai biaya tiket 20 Lei Rumania (Rp67 ribu) untuk masuk ke taman bawah tanah ini. Dengan jam operasional setiap hari mulai pukul 9.00-16.00 waktu setempat.

Kawan tambang, museum dan taman hiburan Salina Turda ini tidak bernuansa outdoor dan indoor karena berada di bawah tanah. Museum ini menawarkan pengalaman tersendiri dengan merasakan sensasi berbagai wahana dengan suasana di bawah tanah.

Baca Artikel  4 Alasan Pertambangan Ilegal Harus Segera Dihentikan

Jadi, Kawan Tambang tertarik berkunjung?

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer