Sabtu, September 18, 2021

Mylan Park : Dari Tambang Batubara Jadi Arena Olahraga

Siapa sangka Mylan Park, sebuah arena olahraga di Morgantown, Virginia Barat, Amerika Serikat ini dulunya merupakan lahan tambang batubara? 

Mylan Park yang memiliki seluas 396 hektar merupakan lapangan hasil reklamasi tambang. Arena olah raga ini kini memiliki dua lapangan baseball, dua lapangan softball, dan 22 hektar lapangan sepak bola.

Tidak hanya itu, Mylan Park juga memiliki arena olahraga berpermukaan karet yang dapat digunakan bagi penyandang cacat fisik atau disabilitas.

Terdapat pula lapangan tapal kuda seluas 2 hektar yang sering digunakan untuk acara pertunjukan dan olahraga berkuda. 

Lahan bekas tambang batubara ini mulai direklamasi pada Februari 199 dengan penataan ulang dan pengisian dengan campuran tanah asli dan tanah liat. Hal ini dilakukan untuk menciptakan permukaan yang memadai untuk lahan dan bangunan.

Pada setiap lapangan olahraga di Mylan Park, terdapat pipa drainase bergelombang yang tertanam di dalam sub-lapisan, yang mengalir dalam pola lurus untuk menyalurkan air ke permukaan kolam retensi. Rumput yang digunakan di arena olahraga Mylan Park sendiri juga terdiri atas lima jenis rumput bluegrass

Kini, arena olahraga Mylan Park tersebut digunakan oleh sekolah menengah baseball dan softball. Mylan Park juga digunakan untuk arena turnamen yang penggunaannya bisa untuk 250 pertandingan saat musim panas tiba.

Baca Juga : Tambang Batubara di Indonesia

Pihak pengelola Mylan Park mengatakan, adanya reklamasi lahan tambang dari perusahaan batubara ini telah menciptakan manfaat besar bagi masyarakat dan diharapkan dapat menjadi contoh bagi perusahaan tambang lainnya.

Related Articles

Indonesia
68,942
Total active cases
Updated on September 18, 2021 7:37 am

Latest Articles