Rabu, Februari 1, 2023
Berita TambangIni Dia Negara Importir Terbesar Batubara RI dari Eropa..

Ini Dia Negara Importir Terbesar Batubara RI dari Eropa..

Negara Importir Batubara Indonesia – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan, Indonesia membukukan lonjakan volume ekspor batubara ke sejumlah negara Eropa di September 2022.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Batubara, Lana Saria juga mengungkapkan volume ekspor batubara ke Eropa pada September mencapai 1,18 juta ton. Jumlah ini melonjak dari permintaan Agustus yang sebesar 574, 84 ribu ton. 

“Peningkatan volume ekspor batubara bulan September mencapai dua kali lipat dari bulan Agustus untuk memenuhi permintaan Belanda, Italia dan Polandia,” jelas Lana kepada Kontan, Selasa (25/10/2022).

Dia juga menyebut, peningkatan volume turut mendorong peningkatan nilai ekspor batubara. Pada Agustus lalu, nilai ekspor batubara ke Eropa mencapai US$ 98,11 juta. Jumlah ini meningkat mencapai US$ 180,28 juta di September 2022.

Secara khusus, negara importir batubara Indonesia dari Eropa adalah Polandia. Mengutip data Kementerian ESDM, untuk kurun waktu Januari sampai September 2022 saja, Polandia telah membeli 1,4 juta ton batubara Indonesia.

Alasan Polandia memilih untuk membeli batubara Indonesia dipicu oleh tingginya harga gas serta terjadinya konflik Rusia-Ukraina. 

Baca Artikel  5 Kampus Terbaik untuk Jurusan Pertambangan di Dunia

Selain Polandia, ada pula negara-negara Eropa lain yang membeli batubara Indonesia, di antaranya yaitu Italia, Spanyol, Belanda, Yunani dan Jerman. 

Banyak analis energi juga mengatakan, peningkatan permintaan batubara ke pasar eropa hanya bersifat jangka pendek saja. Salah satu penyebabnya yakni negara-negara Eropa umumnya kembali menggunakan batubara sebagai sumber energi listrik mereka. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer