Selasa, April 16, 2024
Berita TambangMengenal Nikel Lebih Jauh, Mulai dari Manfaat, Jenis hingga Hasil Olahannya

Mengenal Nikel Lebih Jauh, Mulai dari Manfaat, Jenis hingga Hasil Olahannya

ilmutambang.com – Nikel adalah hasil tambang yang terdapat di kerak bumi. Nikel biasanya memiliki karakteristik cukup keras, putih keperakan, mengkilap dan sedikit keemasan. Nikel murni berbentuk bubuk dan berreaksi tinggi terhadap udara pada suhu normal.

Nikel merupakan salah satu unsur kimia yang tergolong dalam logam transisi dengan nomor atom 28 di tabel periodik. Unsur kimia Nikel bersifat anti korosi dengan membentuk lapisan oksida pada permukaannya saat terpapar udara. Juga sifat magnetik yang membuatnya dapat ditarik oleh magnet.

Nikel merupakan hasil tambang yang sangat penting dan banyak dicari karena memiliki kegunaan di berbagai industri, kesehatan dan pengobatan. 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ilmu Tambang (@ilmutambang.id)

Salah satu nilai penting Nikel saat ini adalah dalam pembuatan baterai, khususnya baterai yang menggunakan komponen lithium. Nikel memiliki titik lebur yang sangat tinggi, sehingga memiliki daya tahan yang kuat untuk berbagai keperluan industri.

Baca Artikel  Nikel: Manfaat, Tantangan dan Upaya Berkelanjutan

Nikel dapat dibagi menjadi dua jenis bijih endapan. Kedua jenis bijih tersebut adalah:

  1. Endapan Sulfida Magmatik

Endapan sulfida magmatik berasal dari magma yang mengandung magnesium dan silika. Dengan kandungan silika rendah dan magnesium tinggi, cairan yang mengandung sulfur terpisah dari magma. Sulfur cair ini lebih padat dan akan tenggelam lalu akan mengkristal. Jenis nikel ini banyak terdapat Rusia, Kanada dan Australia.

  1. Endapan Laterit

Endapan laterit memiliki kandungan silika rendah dan magnesium tinggi dan mengalami pelapukan kimiawi sehingga menghilangkan komponen batuan dan mengkonsentrasikan unsur nikel. Nikel jenis ini banyak ditemukan di Indonesia, Kuba dan Kaledonia Baru.

Indonesia memiliki kedua jenis bijih endapan ini, namun juga menghasilkan beberapa produk olahan nikel, yaitu NPI (nickel pig iron), feronikel, stainless steel, MSP (mixed sulphide precipitate), Ni-matte dan MHP (mixed hydroxide precipitate). Produk olahan Nikel ini digunakan dalam berbagai industri, termasuk manufaktur dan konstruksi.

Baca Artikel  Mengenal Air Asam Tambang dan Cara Mencegahnya

Kawan tambang, tambang Nikel dan pengolahan bijih nikel serta produk olahannya merupakan bagian penting dari industri nikel di Indonesia. Namun penambangan dan pengolahan nikel tetap memerlukan pengelolaan yang baik dan bertanggung jawab untuk mengurangi dampak lingkungan dan sosial yang timbul dari kegiatan ini. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer