Jumat, Maret 1, 2024
Berita TambangNTB Ternyata Simpan Harta Karun Selain Emas, Apa Itu?

NTB Ternyata Simpan Harta Karun Selain Emas, Apa Itu?

NTB Simpan Harta Karun Selain Emas – Indonesia memang memiliki ‘harta karun’, yaitu sumber daya mineral, baik emas, tembaga dan mineral logam lainnya. Nusa Tenggara Barat (NTB) salah satu daerah yang ternyata menyimpan beragam sumber daya mineral bukan hanya emas dan tembaga. Namun juga perak, timbal besi, mangan hingga pasir harta karun emasbesi. 

Apabila dilihat secara geologi, Nusa Tenggara Barat terletak di antara pertemuan dua lempeng. Yakni lempeng India dan Lempeng Eurasia. Maka wilayah ini memiliki potensi mineral yang cukup tinggi.

Di bagian selatan Pulau Lombok dan Sumbawa banyak potensi logam emas perak, mangan besi. Misalnya, Sumbawa, Kepulauan Sekotong, Lombok Barat dan Lombok Timur.

Baca Artikel  5 Tambang di Indonesia Menyimpan Cadangan Emas Terbesar

Secara nasional pada 2021 Indonesia memiliki cadangan emas mencapai 3,67 miliar ton. Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu penyumbang besar emas selain Papua dan Maluku Utara.

Di Nusa Tenggara Barat terdapat PT Sumbawa Timur Mining (STM) selaku pemilik Wilayah Izin Usaha Pertambangan di Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. 

Hingga Desember 2021, wilayah ini tercatat memiliki total potensi sumber daya mineral Tertunjuk sebesar 1,1 miliar ton. Jumlah itu dengan rincian 0,96% Cu (Tembaga) dan 0,58 g/t Au (Emas) dan total potensi sumber daya mineral Tereka sebesar 1,0 miliar ton terdiri dari 0,7% tembaga dan 0,4 g/t emas.

Baca Juga: 8 Sifat Mekanik Logam yang Wajib Diketahui

Baca Artikel  Heboh! Harta Karun Kelas Dunia Ditemukan di NTB

PT Sumbawa Timur Mining juga telah menemukan potensi endapan sebanyak 2 miliar ton emas yang bisa ditambang. Perusahaan juga tengah menyiapkan proses penambangan dan mungkin perencanaannya di bawah tanah. 

Sejauh ini PT Sumbawa Timur Mining telah melakukan kajian-kajian berkaitan dengan hidrologi, panas bumi dan geoteknik untuk memastikan operasi penambangannya. Penambangan emas itu dapat dilakukan di bawah tanah seperti penambangan emas milik PT Freeport Indonesia (PTFI). 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer