Jumat, Maret 1, 2024
Berita TambangOranje Nassau, Tambang Batubara Pertama di Indonesia

Oranje Nassau, Tambang Batubara Pertama di Indonesia

ilmutambang.com – Kalimantan Selatan merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki tambang batu bara. Siapa sangka, salah satunya bernama Oranje Nassau dikenal sebagai tambang batubara pertama di Indonesia.

Tambang batubara di Kalimantan Selatan ini diperkirakan telah berdiri sejak jaman kolonial Belanda, pada 1848. Bahkan lebih dulu dibandingkan tambang Sawahlunto di Sumatera Barat, yang ada sejak 1870.

Kala itu, Rochussen, gubernur jenderal Belanda meresmikan tambang batubara pertama di Indonesia ini dan diberi nama Oranje Nassau, nama dinasti kerajaan Belanda. 

Tambang batu bara Oranje Nassau yang memiliki luas sekitar 169,6 m2 ini berada di Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, wilayah kerajaan Banjar waktu itu.

Tambang batubara Oranje Nassau ini terkesan kecil, karena masa pengoperasiannya hanya dilakukan selama 10 tahun saja, yaitu antara 1849-1859. Namun mampu menghasilkan hingga 10.000 ton batubara per tahun.

Baca Artikel  Jangan Abai! Ini 7 Tips Hindari Kecelakaan di Tambang

Daerah tambang itu sesungguhnya merupakan tanah lungguh yang diberikan sultan pada Mangkubumi, Ratoe Anom Mangkoe Boemi Kentjana. Tetapi kemudian diambil oleh Belanda dengan memberikan 40 golden sebagai gantinya pada Mangkubumi. 

Saat itu batubara yang dihasilkan sebanyak satu ton. Batubara tersebut digunakan oleh penjajah untuk operasional kapal-kapal bertenaga uap milik Belanda.

Kawan ilmutambang, meskipun menjadi Pertambangan batubara yang tertua dan yang pertama di Indonesia, tetapi kini sudah tidak beroperasi lagi. Namun saat ini tempat tersebut telah menjadi cagar budaya Indonesia. 

Baca Artikel  Lewat 4 Tahapan Eksplorasi Ini, Dijamin Hasilkan Kualitas Pertambangan Terbaik

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer