Minggu, April 21, 2024
Berita TambangJangan Abai! Ini 7 Tips Hindari Kecelakaan di Tambang

Jangan Abai! Ini 7 Tips Hindari Kecelakaan di Tambang

ilmutambang.com – Ini tips hindari kecelakaan di tambang, pekerjaan pertambangan merupakan kegiatan yang berisiko tinggi. Untuk itu, setiap pekerja tambang harus bersikap waspada terhadap segala kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja. 

Bagi orang yang mempertimbangkan untuk berkarir di pertambangan, sangat penting baginya untuk mengambil langkah-langkah pengamanan. 

 Tips Menghindari Kecelakaan di Tambang

Berikut paling tidak tujuh tips untuk menghindari bahaya kecelakaan kerja di pertambangaan:

  1. Jangan Abai

Menjaga diri untuk tetap aman dengan menyadari kenyataan bahwa bekerja di pertambangan itu sangatlah berbahaya. Kegiatan industri pertambangan pada dasarnya penuh dengan bahaya, maka orang harus selalu waspada dan jangan lengah setiap saat di tempat kerja. 

  1. Perencanaan dan Komunikasi

Membuat perencanaan kerja tidak didasarkan pada perhitungan seefisien mungkin. Namun beri waktu dan uang ekstra untuk menjaga keselamatan pekerjaan. Jangan pernah membahayakan keselamatan pekerja, beri instruksi yang jelas dan pelatihan kepada tim kerja.

  1. Pelatihan Profesional

Semua anggota tim kerja harus menjalani pelatihan keselamatan secara teratur. Pelatihan keselamatan yang berisi teori dan praktik akan sangat efisien. 

  1. Selalu Pakai Perlengkapan Keselamatan

Tips hindari kecelakaan di pertambangan yang paling penting yaitu selalu memakai perlengkapan keselamatan kerja, mulai dari helm tambang, kacamata pengaman, masker, sepatu, jaket dan sarung tangan.

  1. Awasi Tim Kerja

Semua anggota tim kerja harus mengikuti instruksi keselamatan. Supervisor harus menindaklanjuti dan menegakkan aturan keselamatan kerja. 

  1. Dokumentasikan Prosedur Keselamatan

Semua anggota tim kerja harus tahu persis apa yang harus dilakukan jika terjadi kecelakaan. Pendokumentasian prosedur keselamatan harus menjelaskan kecelakaan yang mungkin terjadi, apa yang perlu dilakukan dan siapa yang harus dihubungi. Prosedur keselamatan harus ditampilkan di lokasi kerja yang dapat diakses dengan mudah oleh anggota tim kerja.

  1. Ikuti Standar Keselamatan Terbaru

Pastikan semua peralatan keselamatan memenuhi semua standar keselamatan terbaru. Jangan pernah menghemat untuk pengadaan peralatan keselamatan. Meskipun ini dapat berarti menambah biaya atau menunda kerja. 

Baca Artikel  Kideco Serap Tenaga Kerja Hingga 15 Ribu Karyawan

Kawan tambang, jumlah kecelakaan kerja di industri pertambangan termasuk yang tertinggi. Beberapa kecelakaan sebenarnya dapat dicegah. Untuk itu jangan pernah mengulangi kesalahan yang telah dilakukan oleh orang lain.  

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer