Senin, Mei 27, 2024
Berita TambangHindari Kecelakaan Kerja di Tambang dengan Terapkan Tindakan Ini Yuk!

Hindari Kecelakaan Kerja di Tambang dengan Terapkan Tindakan Ini Yuk!

Pekerjaan tambang termasuk pekerjaan yang memiliki risiko kecelakaan cukup tinggi. Para pekerja dihadapkan dengan kondisi lingkungan yang ekstrim dan bergumul dengan berbagai jenis alat berat. Apabila tidak berhati-hati, maka kecelakaan dapat terjadi.

Untuk itu para pekerja tambang perlu memperhatikan cara menghindari kecelakaan kerja sebelum mulai menambang dengan memperhatikan hal berikut ini:

  1. Selalu Waspada dan Jangan Ceroboh


Menghindari sikap ceroboh yang dapat membahayakan nyawa sendiri maupun orang-orang sekitar. Maka dibutuhkan ketelitian dan kewaspadaan yang tinggi dalam bertindak. 

Misalnya, saat mengoperasikan alat berat, sebaiknya pastikan di sekitarnya aman dari kegiatan orang dalam jarak beberapa meter.

  1. Rencanakan Tugas Sebaik-Baiknya


Mencapai target dan mendapatkan hasil maksimal dengan bekerja seefisien mungkin, tanpa abai memperhitungkan sumberdaya pendukung lainnya. 

Baca Artikel  PT Kideco Raih PROPER Emas Provinsi Kalimantan Timur 2023

Seperti menambah waktu dan biaya untuk membuat pekerja lebih tenang dalam bekerja. Memberi petunjuk terbaik secara jelas dan terarah kepada para pekerja, supaya resiko terburuk dapat dicegah.

  1. Menggunakan APD Lengkap 


Penggunaan Alat pelindung diri (APD) sudah diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor Per.08/Men/VII/2010 tentang alat pelindung diri. 

APD terdiri dari helm, sepatu, sarung tangan, kacamata, rompi, masker, ear plugs, alat pelindung jatuh dan pelampung.

  1. Pelatihan Bagi Pekerja Tambang


Pelatihan keselamatan kerja tidak hanya bagi karyawan baru, namun juga bagi para tim anggota lama agar dapat menyegarkan pemahaman mereka. Pelatihan tentang teori dan praktik aturan keselamatan kerja serta cara-cara menghindari bahaya.

Baca Artikel  Simak Yuk Informasi dan Fakta Menarik Barang Tambang Intan!

  1. Pengawasan Tim yang Intens


Pengawasan yang intens dan selalu memantau kerja para anggota tim akan mencegah hal-hal buruk. Pengawas yang mengawasi dapat bertindak lebih cepat dengan menegur pekerja serta memberikan arahan apa yang harus dilakukan.

Kawan tambang, dengan melakukan prosedur keselamatan kerja tambang seperti di atas, maka risiko kecelakaan dapat ditekan. Juga mematuhi dengan aturan dan SOP serta memastikan selalu memperbarui standar keselamatan kerja.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer