Minggu, Mei 26, 2024
MinerbaBatubaraPT Kideco Raih PROPER Emas Provinsi Kalimantan Timur 2023

PT Kideco Raih PROPER Emas Provinsi Kalimantan Timur 2023

ilmutambang.com – Penghargaan Proper Emas 2023 Kideco Jaya Agung, Dalam ajang penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan atau PROPER Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), di Samarinda, Rabu (15/7/2023) PT Kideco Jaya Agung (Kideco) meraih kategori Emas. 

PROPER merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim kepada perusahaan yang telah mendukung upaya pelestarian lingkungan hidup. Sedangkan kategori Emas adalah bentuk apresiasi tertinggi atas kinerja perusahaan.

PROPER Emas 2023 Kideco
 

Anak perusahaan energi terintegrasi PT Indika Energy Tbk ini telah melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan strategi ESG (Environmental, Social & Governance) perusahaan.

Baca Artikel  Ternyata Gak Mudah, Ini 5 Tantangan Perencanaan Pada Geologi Pertambangan!

Inisiatif itu antara lain membangun kawasan hijau terpadu Samurangau Ecopark dengan aspek pendidikan dan budaya, rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS), reklamasi, Arboretum Tandarayan dan penggunaan solar panel untuk perumahan karyawan.

Selain itu, perusahaan juga mengoperasikan bus listrik untuk angkutan karyawan, penanaman mangrove dan sejumlah inisiatif lainnya bersama dengan mitra kerja melalui efisiensi bahan bakar dan penggunaan air.

Kideco juga berkomitmen bagi kelestarian lingkungan yang diwujudkan termasuk dalam administrasi dan manajemen pengelolaan lingkungan hidup, pengendalian pencemaran air, pengendalian pencemaran udara, pengelolaan B3 dan limbah padat non B3.

Baca Artikel  Dukung Hilirisasi Smelter Bauksit, Pemerintah Siap Kucurkan Insentif

Kideco telah melakukan reklamasi dan pengelolaan lingkungan hidup tambahan dan produksi bersih, konservasi, mitigasi perubahan iklim dan efisiensi energi, serta sertifikasi pengelolaan lingkungan hidup.

Tidak ketinggalan juga melaksanakan program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM) di 72 lokasi binaan di Kabupaten Paser sebagai wujud tanggung jawab sosial perusahaan.

Sejauh ini, Kideco telah menerima penganugerahan tersebut sebanyak 9 kali. Prestasi ini merupakan hasil dari upaya keras perusahaan yang membanggakan dan sebagai wujud komitmen para stakeholders masyarakat dan pemerintah.

Kideco dengan pengabdian dan komitmen yang tinggi mengelola kelestarian lingkungan telah mendapatkan ganjaran yang tinggi dari pemerintah daerah Kaltim, patut menjadi contoh dan pemicu untuk usaha tambang yang berkelanjutan. 

Baca Artikel  Biar Makin Paham Soal Dunia Pertambangan, 3 Buku Ini Wajib Kamu Baca!

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer