Senin, Mei 27, 2024
Berita TambangBiar Makin Paham Soal Dunia Pertambangan, 3 Buku Ini Wajib Kamu Baca!

Biar Makin Paham Soal Dunia Pertambangan, 3 Buku Ini Wajib Kamu Baca!

Buku dunia pertambangan – Berbagai literatur yang membahas mengenai tambang menjadi penting karena memberikan pemahaman mengenai berbagai aspek yang terkait dengan industri pertambangan, seperti hukum, teknik dan dampak lingkungan sosial ekonomi.

Dari literatur yang ada, tentu akan menuntun kamu memahami peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan pertambangan, analisis persoalan yang muncul dalam pelaksanaan kegiatan pertambangan dan masalah program pengembangan masyarakat di sekitar tambang.

Buku-buku tentang tambang juga menjelaskan manfaat sumber daya alam tambang bagi negara Indonesia. Misalnya, meningkatkan pendapatan negara, mengurangi pengangguran dan mengurangi ketergantungan pada impor bahan tambang.

Dengan memahami berbagai sisi dalam pertambangan, para pembaca akan lebih menghargai pentingnya industri pertambangan. Diharapkan juga dapat berpartisipasi dalam diskusi mengenai kebijakan dan praktik pertambangan yang berkelanjutan.

Baca Artikel  Ini Segudang Manfaat Hilirisasi Bagi Pertambangan, Yuk Cek Di Sini!

Buku

Berikut beberapa buku yang membahas tentang tambang:

  1. Hukum Pertambangan di Indonesia ditulis oleh DR. H. Salim HS., S.H., M.S.

    Buku yang membahas berbagai peraturan perundang-undangan berkaitan dengan pertambangan dan menganalisis berbagai persoalan dalam pelaksanaan kegiatan pertambangan di Indonesia. Juga kajian sosio-yuridis program pengembangan masyarakat lingkar tambang berdasarkan studi di PT Newmont Nusa Tenggara.
  • Teori dan Praktik Pertambangan Indonesia ditulis oleh Nandang Sudrajat

    Buku tersebut membahas sejarah pertambangan di Indonesia, peraturan perundang-undangan, teknologi pertambangan dan aspek-aspek lain yang terkait. Juga menjelaskan tentang hasil tambang seperti emas, perak, tembaga, minyak dan gas bumi, batubara dan lain-lain
  • Geoteknik Tambang ditulis oleh Prof. Dr. Ir. Irwandy Arif, M. Sc.

    Buku yang membahas ilmu Geoteknik secara mendasar ini menggunakan pendekatan proses dari analisis kestabilan lereng, mulai dari definisi ilmu Rekayasa Geoteknik, prinsip-prinsip kestabilan, hingga aplikasi pada tambang terbuka mineral dan batubara. Juga menjelaskan tentang cara mewujudkan produksi tambang yang berkelanjutan dengan menjaga kestabilan lereng.
Baca Artikel  Menengok Potensi Pertambangan Mineral Radioaktif di Indonesia

Kawan tambang, masalah pertambangan di Indonesia sangat mudah untuk diketahui, karena tidak sedikit buku yang ditulis mengenai perkembangan dunia tambang. Dengan membaca buku-buku tersebut, kamu pun tentu nya akan mendapatkan pengetahuan yang memadai mengenai dunia pertambangan Indonesia. 

Jadi, buku mana nih yang siap kamu baca Kawan? 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer