Selasa, April 16, 2024
Ilmu TambangPelajari Yuk Good Mining Practice dan Penerapannya..

Pelajari Yuk Good Mining Practice dan Penerapannya..

Perusahaan pertambangan yang baik sesungguhnya terkait erat dengan pelaksanaan Good Mining Practice (GMP) dalam kegiatan usaha mereka.

UU No 4 Tahun 2009 mengenai Pertambangan Mineral dan Batubara, mencantumkan 5 faktor yang perlu dilakukan dalam Good mining Practice (GMP) yakni:

  1. Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pertambangan

Keselamatan dan kesehatan kerja dicapai dengan memerhatikan regulasi-regulasi yang telah ditetapkan untuk menjamin keselamatan pekerja. 

Mengidentifikasi potensi bahaya, membuat prosedur kerja, mengatur tata kerja khusus bagi wilayah dan kegiatan tertentu, menyediakan alat pelindung diri dan alat keselamatan, mengelola lingkungan dan kesehatan kerja, mendidik dan melatih kompetensi pekerja serta memasang tanda-tanda/rambu terkait keselamatan dan kesehatan kerja.

  1. Keselamatan Operasi Pertambangan
Baca Artikel  Intip Yuk Proses Pertambangan Pasir Kuarsa!

Keselamatan Operasi Pertambangan menjamin dan melindungi operasional tambang yang aman, efektif dan produktif. 

Pengelolaan sistem dan proses pemeliharaan sarana, prasarana, instalasi, dan perlengkapan pertambangan, pengamanan instalasi, memenuhi kompetensi teknik pekerja dan mengevaluasi kajian teknis pertambangan.

  1. Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan

Memperhatikan keberlangsungan lingkungan hidup melalui pemenuhan perizinan AMDAL atau UKL/UPL.

Mengidentifikasi dan memantau kualitas air sungai, udara, emisi, kualitas tanah, kebisingan dan getaran, keanekaragaman flora dan fauna dan pengelolaan lahan bekas tambang.

  1. Konservasi Sumberdaya Mineral dan Batubara

Memperhatikan ketersediaan sumberdaya yang ada. Mengelolaan dan memanfaatkan cadangan marginal atau batubara kualitas rendah dan mineral kadar rendah serta mineral ikutan.

Baca Juga: Sawahlunto, Bekas Tambang Batubara Menjadi Museum Pendidikan

Baca Artikel  Penasaran Gimana Cara Mengambil Barang Tambang? Ini Infonya..

Mendata sumberdaya dan cadangan mineral dan batubara yang tidak tertambang dan sisa hasil pengolahan dan pemurnian.

  1. Pengelolaan Sisa Tambang agar Sesuai Baku Mutu Lingkungan

Mengelola sisa tambang baik yang padat, cair dan gas.  Dengan menerapkan tata cara penambangan yang baik (Good Mining Practice), industri pertambangan dapat memberikan dampak positif yang besar dan menjadikannya berkelanjutan (sustainable mining). 

Mineral dan batubara memang merupakan sumberdaya yang tidak dapat diperbarui namun oleh penerapan Good mining practice tersebut kelestarian lingkungan sekitarnya dapat tetap terjaga. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer