Minggu, April 21, 2024
Ilmu TambangIntip Yuk Proses Pertambangan Pasir Kuarsa!

Intip Yuk Proses Pertambangan Pasir Kuarsa!

Pasir kuarsa merupakan salah satu material alam yang melimpah di Indonesia, proses pertambangan mineral ini relatif sama dengan material tambang yang lainnya. Pasir ini memiliki manfaat untuk sektor industri seperti media penyaring air, beton, keramik dan lainnya.

Pasir silika adalah salah satu material tambang dari hasil pelapukan batuan. Pasir ini mengandung mineral seperti kuarsa dan feldspar. 

Berikut adalah proses pertambangan pasir kuarsa:

  • Eksplorasi.

Tahap ini memiliki tujuan untuk mencari wilayah berpotensi dan mendatangkan keuntungan sesuai dengan target. Pasir kuarsa bisa ditemukan pada dataran rendah hingga pesisir.

Melalui data Kementerian ESDM terdapat beberapa wilayah di Indonesia yang memiliki potensi memiliki adanya pasir kuarsa yaitu:

  • Desa Muara Bomboy, Kalimantan Timur.
  • Dusun Panaragan, Kampung Lampung.
  • Desa Sekarwangi, Sukabumi, Jawa Barat.
  • Watu Bangga, Sulawesi Tenggara.
  • Mengurus Izin Usaha Produksi (IUP).
Baca Artikel  6 Alasan Wanita Pekerja Tambang Calon Menantu Idaman

Pertambangan pasir kuarsa telaah diatur di dalam UU Nomor 11 Tahun 1967 hingga UU Nomor 3 Tahun 2020, yang menjadi penyempurna UU Nomor 4 Tahun 2009.

Berdasarkan UU Nomor 3 tersebut pasir ini tergolong ke dalam mineral dan bukan logam serta dibutuhkan untuk jaminan pasokan industri strategis, salah satunya industri semen.

Hingga November 2020, urusan perizinan untuk mineral ini didominasi tingkat gubernur di masing-masing daerah, baru setelah mengurus izin lokasi target dapat ditambang.

Baca Juga: Jenis-jenis Metode Strip Mining yang Perlu Kamu Tahu!

  • Eksploitasi.

Terdapat dua penambangan pasir kuarsa yaitu cara basah (Hydraulic Mining) yang memanfaatkan air bertekanan tinggi lalu ditembakkan ke arah endapan. 

Baca Artikel  3 Jenis Teknologi yang Wajib Dimiliki Perusahaan Tambang

Cara kedua adalah cara kering atau (Alluvial Mine atau Strip Mining) yang biasa dipakai untuk endapan berupa material lepasan.

  • Pengolahan.

Tahap ini pasir dengan cara kering lebih dahulu dicuci dan diletakan pada stockpile untuk dikeringkan. Hal ini bertujuan menghilangkan tanah dan mineral pengotor. Setelah itu dilakukan penyaringan ukuran pasir agar seragam.

Baca Juga : Simak Berbagai Proses di Pertambangan Batu Bara

  • Pengangkutan dan Distribusi.

Tahap terakhir adalah mendistribusikan menuju industri-industri terkait.

Proses pertambangan pasir kuarsa tergolong paling mudah untuk dilakukan dibandingkan pertambangan lainnya. Karakteristik endapan pasir kuarsa menjadi kunci pada prosesnya.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer