Senin, April 15, 2024
Berita TambangPeluang Ekspor Batubara Ke Eropa, Ini Jawaban Holding Kideco

Peluang Ekspor Batubara Ke Eropa, Ini Jawaban Holding Kideco

Perang antara Rusia dan Ukraina berkecamuk sejak Februari tahun ini dan masih berlanjut sampai sekarang, membuat negara-negara Eropa lebih banyak membutuhkan batubara untuk ketahanan energi mereka. 

Melihat demand batubara yang cukup meningkat di pasar global, Indonesia menjadi salah satu negara produsen yang dilirik  Eropa untuk memasok batubara bagi mereka. 

Salah satu emiten batubara Tanah Air, perusahaan Holding Kideco Jaya Agung (Kideco) yakni PT Indika Energy Tbk. (INDY) menuturkan sempat mendapatkan tambahan permintaan dari Eropa.

“Kebanyakan batubara produksi Indonesia, termasuk oleh INDY, memiliki spek dan karakteristik yang berbeda dengan kriteria permintaan batu bara dari Eropa,” ujar Head of Corporate Communication INDY, Ricky Fernando Minggu, 9 Oktober 2022.

Mengutip data dari INDY, sepanjang kuartal II/2022 volume penjualan batubara INDY mayoritas disalurkan untuk ekspor yakni sebanyak 5,4 juta ton. Sementara itu, untuk pasar dalam negeri mencapai 2,6 juta ton.

Ekspor terbesar INDY hingga kuartal II/2022 adalah ke China sebanyak 37 persen, ke Asia Tenggara 15 persen, India 7 persen, Taiwan 4 persen, Korea Selatan 3 persen, dan Jepang 2 persen. 

Baca Artikel  Kideco Buka Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Cara Daftarnya!

Penjualan batu bara INDY kepada pelanggan luar negeri mencapai US$1,5 miliar hingga semester I/2022. Sementara itu, penjualan ke pelanggan dalam negeri mencapai US$258 juta di periode yang sama.

Ricky juga mengatakan, demi mencapai target produksi di tahun ini perusahaan induk Kideco pun akan terus mengoptimalkan kinerja dengan meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer