Minggu, Februari 25, 2024
Berita TambangKideco Meraih Penghargaan Good Mining Practice

Kideco Meraih Penghargaan Good Mining Practice

Penghargaan Good Mining Practice – PT Kideco Jaya Agung (Kideco) berhasil mendapat Piagam Aditama untuk aspek pengelolaan standardisasi dan usaha jasa pertambangan batubara.

Selain itu, salah satu anak perusahaan dari PT Indika Energy Tbk (INDY) ini juga meraih penghargaan lain, di antaranya yaitu Piagam Aditama untuk aspek Pengelolaan Teknis Pertambangan Batubara, Piagam Aditama untuk aspek Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan Batubara, serta piagam Utama untuk aspek Konservasi Batubara.

Penghargaan diberikan oleh Kementerian Staf Khusus Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bidang Percepatan dan Tata Kelola Sektor Mineral dan Batubara, Irwandy Arif kepada Kideco sebagai perusahaan tambang yang  telah menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik.  

Baca Artikel  Indika Energy Alokasikan Rp 7 Triliun untuk Proyek Listrik

“Semoga penerima penghargaan dapat menjadi role model dalam menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik. Kami berharap (pemenang) dapat terus meningkatkan komitmen dan integritas terhadap pencapaian good mining practice”. ujar Arif, dalam acara Good Mining Practice Award (GMP) di Hotel Bidakara Jakarta, Kamis (29/09/2022).

Di sisi lain, direktur Utama PT Kideco Jaya Agung, Mochamad Kurnia Ariawan dalam sambutannya saat menerima penghargaan, menyampaikan bahwa anugerah ini adalah bukti komitmen Kideco telah menjalankan prinsip GMP di seluruh aktivitas operasional pertambangan

Kurnia juga menyebut, penghargaan ini juga menjadi salah satu motivasi bagi Kideco untuk terus melakukan inovasi serta memperkuat aspek Environmental Social Governance (ESG) dalam mewujudkan perusahaan yang produktif, efektif, efisien dan berkelanjutan di Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur. 

Baca Artikel  Perusahaan Induk Kideco Gencarkan Proyek PLTS Atap 500 MWp

Salah satu aspek ESG yang telah diimplementasikan perusahaan yaitu berupa komitmen untuk menjalin kerja sama dan dengan mitra bisnis dengan pengusaha, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), masyarakat setempat. 

Beberapa target dari komitmen tersebut antara lain yaitu sebagai berikut:

  1. Penurunan konsumsi bahan bakar dalam proses produksi
  2. Penggunaan energi terbarukan seperti solar panel dan bus listrik
  3. Penanaman pohon, dan 
  4. Rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) sebagai upaya dekarbonisasi (penyerapan emisi) 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer