Minggu, April 14, 2024
Ilmu TambangPenasaran Apa Saja Manfaat Air Asam Tambang? Simak di Sini

Penasaran Apa Saja Manfaat Air Asam Tambang? Simak di Sini

Apa Saja Manfaat Air Asam Tambang? Air asam tambang adalah air yang terbentuk karena mineral sulfida yang tersingkap akibat aktivitas penambangan, dan bereaksi dengan air maupun oksigen. Air asam tambang ini biasanya memiliki tingkat keasaman (pH) yang bernilai 6 atau lebih rendah. 

Salah satu cara pengolahan air asam tambang, yaitu dengan memanfaatkan kapur tohor sebagai penetral zat asam pada air asam tambang.  

Cara lainnya adalah memanfaatkan proses bio geokimiawi seperti membuat sistem rawa buatan. Di dalam rawa buatan tersebut diisi bahan-bahan organic, seperti sawit dan bahan-bahan kompos lainnya. 

Terdapat beberapa macam inovasi yang dapat diterapkan untuk mengoptimalkan pengelolaan air asam tambang, berikut rinciannya: 

  1. Air Asam Tambang sebagai Pembangkit Listrik
Baca Artikel  Harga Batubara Meroket! Industri Pelayaran Kecipratan Berkah

Beberapa penelitian mengungkap potensi air asam tambang dapat menghasilkan listrik. Zat asam dalam air asam tambang berasal dari logam berat yang bersifat asam dan mempunyai kandungan elektrolit dan ion-ion logam terlarut dalam jumlah yang tinggi.

Larutan ini merupakan konduktor arus listrik yang baik, karena senyawa-senyawa tersebut memiliki ion positif dan negatif.  

  1. Teknologi Nanofiltrasi: Mengurangi Kandungan Logam Berat Asam Tambang

Nanofiltrasi adalah proses pemisahan antara pelarut dengan zat terlarut. Pelarut dipisahkan dari zat terlarut yang akan tertahan pada membran dan disebut dengan konsentrat, sedangkan pelarut akan lolos melalui membran dan dinamakan permeat.

Di masa depan nanti, teknologi membran nanofiltrasi menjadi salah satu inovasi yang baik untuk remediasi kontaminan yang ada pada air asam tambang, dan di sisi lain dapat meningkatkan nilai tambah dari logam kadar rendah yang tidak dimanfaatkan dengan pengolahan secara konvensional.

Baca Artikel  Inilah Kota Tambang Leoben Austria! Tertarik Berkunjung?

Baca Juga: Mengenal Peranan ESG Perusahaan dan Manfaatnya

Selain itu, teknologi ini bisa memberikan nilai tambah lebih untuk mendukung prinsip zero waste di sektor pertambangan di Indonesia.

Itu dia informasi tentang manfaat air asam tambang yang tanpa disadari berguna bagi kehidupan. Nah, jika kamu tertarik dengan informasi seputar tambang, bisa mengunjungi website Ilmu Tambang untuk bisa eksplore lebih jauh. Atau bisa juga follow instagram Ilmu Tambang di @ilmutambang.id atau media sosial lainnya.   a

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer