Senin, April 15, 2024
MinerbaBatubaraPerlahan Tapi Pasti, Harga Batubara Terus Merangkak Naik

Perlahan Tapi Pasti, Harga Batubara Terus Merangkak Naik

ilmutambang.com – Perlahan tapi pasti, harga batubara terus merangkak naik dan bertahan di atas level psikologis US$160 per ton. Mengutip Refinitiv, harga batubara ICE Newcastle kontrak Oktober ditutup di posisi US$168,50 per ton atau naik tipis 1,56 persen pada perdagangan Selasa (13/9/2023).

Sepanjang September ini, harga batubara menguat 2,52 persen. Kenaikan harga batubara terjadi seiring dengan tingginya permintaan China sebagai konsumen batubara terbesar dunia. Harga batubara produksi dalam negeri China lebih mahal dibanding harga produk impor.

Persoalan ini menyebabkan adanya lonjakan impor Tiongkok, sehingga pembelian batubara China mengikuti indeks global dan harga pun ikut terkerek. 

Melansir China Shenhua Energy Company Limited, permintaan mulai pulih terjadi seiring dengan produksi batubara komersial Zhunge’er yang mencapai level tertinggi dalam lima tahun di bulan Agustus. 

Baca Artikel  Kideco Jaya Agung Lagi Buka Loker 1 Posisi, Yuk Cek Persyaratannya!

China sebagai negara dengan ekonomi terbesar kedua dunia ini juga tercatat mengalami lonjakan permintaan minyak. Minyak sebagai komoditas energi juga memiliki korelasi dengan permintaan batubara, mengingat minyak mentah brent sudah berada di US$90 per barel.

Pasar batubara Asia juga perlu memperhatikan sentimen dari India sebagai konsumen terbesar kedua global. India tercatat mengalami peningkatan stok batubara termal naik 4% menjadi 13,23 juta ton secara mingguan (week-on-week/wow), menurut data Coal Mint.

Kenaikan terjadi seiring dengan perusahaan tambang terbesar milik negara India, Coal India Ltd (CIL), membukukan kenaikan produksi batubara 13% (yoy) menjadi 52,3 juta ton.

Hal ini disinyalir menjadi penahan melesatnya harga batubara. Teori ekonomi permintaan dan penawaran menunjukkan pasokan atau penawaran yang tinggi dan permintaan yang tidak seberapa akan menyebabkan penurunan harga.

Baca Artikel  Ini Deretan 5 Emiten Batubara dengan Dividen Jumbo 2023

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer