Jumat, Juni 14, 2024
Berita TambangPesona Keindahan Wisata Bekas Tambang Arosbaya, Reliefnya Cantik

Pesona Keindahan Wisata Bekas Tambang Arosbaya, Reliefnya Cantik

ilmutambang.com – Umumnya tebing kapur itu berwarna putih, tapi bukit kapur yang satu ini tidak, melainkan berwarna kemerah-merahan. Bukit kapur yang berwarna bata kemerah-merahan ini dikenal sebagai Arosbaya.

Bukit kapur Arosbaya berbentuk relief yang tak beraturan dengan warna putih kapur kecoklatan, membuatnya sangat indah. Ditambah dengan tumbuhan liar yang tumbuh di antara tebing-tebing, menambah kesan eksotis bukit ini.

Arosbaya terletak di daerah Buduran, Arosbaya, Kabupaten Bangkalan. Awalnya bukit ini adalah tempat penambangan kapur tulis, namun sudah tidak beroperasi lagi. Bekas wilayah tambang ini lama kelamaan berproses membentuk relief yang menawan.

Pulau Madura memang dikenal dengan cuaca yang sangat panas dan terik, namun di Bukit Kapur Arosbaya ini terasa lebih dingin. Sebab dinding kapur bertekstur lembab dan basah membuat suhu di dalam goa terasa lebih sejuk dan dingin.

Baca Artikel  Juara! Sektor Mineral Batubara Setor Rp224 Triliun ke APBN

Di sekitar bukit terdapat beberapa gua-gua kecil dengan lorong sempit yang dapat membawa wisatawan menjelajah ke bagian dalam bukit ini. Ada beberapa bagian bukit yang sengaja dibentuk, supaya para pengunjung bisa mendapatkan spot-spot foto yang kece dan instagenik.

Kawan tambang, letak bukit Arosbaya ini tidak jauh dari situs religi makam para Raja Bangkalan, Air Mata Ibu. Tiket masuk sebesar Rp5 ribu per orang dan biaya tambahan retribusi parkir. Sebaiknya pengunjung datang pada pagi hari sampai siang menghindari teriknya cahaya matahari.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer