Kamis, Juli 25, 2024
Berita TambangPesona Wisata Bekas Tambang Tebing Breksi di Yogyakarta

Pesona Wisata Bekas Tambang Tebing Breksi di Yogyakarta

ilmutambang.com – Jika kamu mendengar kata “Jogja”, apa sih yang terlintas di pikiranmu, Kawan? Pastinya yang terlintas dipikiran sobat adalah kota yang sarat akan keistimewaannya dengan berbagai macam tempat wisata yang menarik bukan?

Berbagai jenis wisata memang banyak ditawarkan di Jogja mulai dari wisata budaya, sejarah, alam sampai wisata minat khusus.

Hal tersebut lantaran Jogja dikenal sebagai tempat wisata favorit, tentunya Jogja menawarkan berbagai macam objek wisata unggulan yang wajib kamu kunjungi ketika menyambangi kota pelajar ini. Salah satu objek wisata itu adalah Tebing Breksi.

Pada 2015 Tebing Breksi ditetapkan sebagai salah satu Geoheritage Yogyakarta. Tebing tersebut kemudian menjadi destinasi wisata bekas tambang. Tebing ini terletak di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta.

Baca Artikel  6 Fakta Menarik Seputar Batubara yang Perlu Kamu Ketahui, Yuk Simak!

Masyarakat setempat mulai berinisiatif untuk mengembangkan Tebing Breksi dengan kreativitas yang mereka miliki. Tebing bekas tambang setinggi sekitar 30 meter ini lalu dipahat membentuk relief dengan cerita pewayangan.

Keindahan lain Tebing Breksi ini adalah pemandangan alam, karena berada pada 200 mdpl, maka pengunjung dapat melihat Kota Yogyakarta dari ketinggian. 

Tebing Breksi dapat ditempuh dalam waktu 28 menit saja, atau sekitar 17 km dari Kota Yogyakarta.  Fasilitasnya mulai dari area parkir yang luas, 3 spot tempat makan, masjid dan mushola, cafe, toilet, toko oleh-oleh dan lain sebagainya.

Uniknya, seluruh pengembangan wisata Tebing Breksi ini diinisiasi oleh masyarakat setempat sendiri, namun difasilitasi oleh pemerintah dan swasta. Pendanaan dan pengelolaan dilakukan dengan inisiasi BUMDES. 

Baca Artikel  Presdir INDY Blak-blakan Soal Tantangan Hilirisasi Batubara

Seluruh pegawai yang bekerja di Tebing Breksi merupakan warga lokal, sehingga manfaatnya langsung dirasakan oleh masyarakat sekitar. Selain itu, objek wisata Tebing Breksi dapat dijadikan best practice bagi pengembangan objek wisata yang lain.

Nah itulah gambaran umum pengembangan wisata bekas lahan tambang Tebing Breksi di Yogyakarta. Setelah mengetahui keindahan yang ditawarkan, sudah siap untuk berkunjung ke Tebing Breksi?

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer