Minggu, April 14, 2024
MinerbaBatubara6 Fakta Menarik Seputar Batubara yang Perlu Kamu Ketahui, Yuk Simak!

6 Fakta Menarik Seputar Batubara yang Perlu Kamu Ketahui, Yuk Simak!

ilmutambang.com – Indonesia dianugerahi kekayaan alam yang sangat melimpah. Hal tersebut menjadikan Tanah Ibu Pertiwi ini memiliki beragam sumber daya alam di dalamnya, salah satunya seperti batubara. 

Sebagai negara yang makmur, Indonesia memiliki lahan tambang yang sangat luas. Di balik gemerlapnya dunia tambang di Indonesia, ternyata masih ada beberapa fakta tambang batubara yang menarik untuk diungkap.

Berikut beberapa fakta terkait tambang batubara di Tanah Air: 

1 Sumber Tambang yang Melimpah

Di Indonesia lahan tambang batubara menyebar hampir ke seluruh daerah, tidak hanya di Kalimantan saja. Proses penambangannya pun tergolong mudah, tidak sesulit seperti menambang minyak bumi atau logam mulia lainnya.

  1. Daya Jual Tinggi
Baca Artikel  Ada di Indonesia! Inilah Tambang Bawah Tanah Terbesar Dunia

Batubara memiliki nilai jual yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan komoditas lainnya. Dikarenakan ketersediaannya sangat melimpah, maka batubara cocok dijadikan sumber energi yang murah.

  1. Memiliki Nilai Fungsional Tinggi

Selain sebagai sumber energi utama produksi semen, abu batubara juga dapat dimanfaatkan  sebagai bahan campuran yang ditambahkan dalam produksi semen.

4 Bahan Baku Produksi Baja

Produsen baja memanfaatkan batubara metalurgi untuk memproduksi baja. Batubara metalurgi diubah menjadi kokas, material utama dalam produksi baja.

Kokas didapatkan dari proses pemanasan batubara dalam oven reduksi yang hampa udara. Kokas yang dihasilkan bersifat kuat dan padat. 

  1. Konversi Energi

Batubara merupakan barang tambang yang dapat dikonversi ke dalam berbagai bentuk, seperti cair dan gas. Penggunaan hasil konversi tersebut tidak terbatas, misalnya listrik hingga mobil hybrid yang menggunakan batubara sebagai bahan dasarnya.

  1. Eksportir Terbesar
Baca Artikel  Seru! Ini Dia Game Edukasi Tambang Paling Laris di Dunia

Siapa yang mengira kalau Indonesia mampu menduduki posisi ke-5 sebagai eksportir terbesar di dunia? Di balik penolakan masyarakat terhadap pengusaha tambang yang tak taat aturan, rupanya ada hal menarik nih yang perlu Kawan Tambang tahu. 

Satu di antaranya tentu komoditas ekspor yang meningkat dari hari ke hari. Indonesia mampu memasok kebutuhan batubara dunia untuk beberapa negara, sehingga menambah pendapatan dari hasil tambang.

Nah itulah beberapa fakta menarik seputar batubara di Tanah Air yang perlu Kawan Tambang ketahui.

Sayangnya sebagian besar masyarakat kita hanya mengetahui bahwa batubara merupakan energi alternatif yang sulit diperbaharui. Tetapi pada kenyataanya, hasil tambang batubara ini banyak juga lho dimanfaatkan dalam dunia industri, seperti untuk pembuatan semen dan juga baja. 

Baca Artikel  INDY Optimis Tingkatkan Pendapatan di Industri Non Batubara

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer