Minggu, April 14, 2024
Berita TambangSeru! Ini Dia Game Edukasi Tambang Paling Laris di Dunia

Seru! Ini Dia Game Edukasi Tambang Paling Laris di Dunia

Game edukasi tambang Minecraft yang dibuat oleh developer Mojang dan ada sejak tahun 2017 merupakan salah satu permainan yang paling laris dan ramai diburu dunia. Menurut laporan terakhir yang dilansir oleh microsoft, game ini telah mencapai penjualan di angka 176 juta di seluruh pasar global.

Kemudian, berdasarkan riset yang dilakukan oleh Associate Professor Michael Dezuanni,  ia membuktikan, penggunaan Minecraft tidak seharusnya dibatasi dalam waktu bermain anak. Selain itu, menurutnya, kehadiran Minecraft adalah sebuah solusi bagi orang tua yang khawatir apabila anaknya kecanduan akan game online.

“Selama beberapa tahun terakhir saya berkesempatan bekerja bersama dengan beberapa sekolah menggunakan Minecraft di ruang kelas,” ujarnya.

Baca Artikel  Bupati Paser Apresiasi Kideco Atas Bantuan Peralatan LAB

Mendukung hal ini, ID Tech memastikan, Minecraft sudah banyak digunakan sebagai media pembelajaran di berbagai negara. Permainan tersebut dianggap sangat membantu anak dalam belajar membaca, menulis, dan menyelesaikan soal matematika.

Adapun hal menarik yang dapat ditemukan dalam permainan minecraft adalah si pemain secara tak langsung akan belajar bagaimana cara membangun sebuah dunia impian. Seperti melakukan pertambangan untuk mendapatkan bahan-bahan yang dibutuhkan, memanfaatkan kayu, hingga penggunaan material tambang lainnya.

Selain itu, dalam permainan ini pemain akan menemukan 2 material yang berharga, yaitu emas besi dan juga emerald. Emerald merupakan tujuan utama dari para pemain dalam mode permainan survival. Karena emerald dapat dipakai sebagai mata uang dalam dunia minecraft. Misalnya membeli makanan, dan kebutuhan tambang lainnya.

Baca Artikel  UU Minerba Buka Lembaran Baru Pertambangan Indonesia

Uniknya lagi, permainan ini hampir sama seperti proses penambangan yang sebenarnya. Diperlukan tahap eksplorasi untuk menemukan material-material yang berharga. Tahapan pertama dimulai dari persiapan perlengkapan. Di tahapan ini pemain akan diminta mempersiapkan berbagai inventaris tambang yang meliputi beliung besi, ranjang, obor, peti, tungku, meja kerajinan, pintu, blok kayu, peta, dan daging mentah. 

Baca Juga : Dump Truck Si Monster Pengangkut Material Tambang

Selanjutnya di tahap kedua, pemain melakukan penggalian hingga bertemu dengan batuan akhir (bedrock) yang tidak dapat hancur. Kemudian di tahap ketiga, ambillah beberapa material berharga menggunakan beliung emas. Namun, perlu diketahui, dalam mendapatkan material ini dibutuhkan beliung khusus atau sesuai kemampuan pemain.

Baca Artikel  Menelisik Potensi Perkembangan Emas di Jawa Timur

Terakhir, simpanlah hasil tambang dengan aman dan hati-hati sebelum mati terkena lava. Pemain juga perlu mendapat ore atau bijih untuk digunakan dalam membangun bangunan ataupun perkakas. Untuk diperhatikan, ore yang didapat harus  dimasukan kedalam furnace terlebih dahulu supaya menjadi material siap digunakan.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer