Jumat, April 16, 2021

Dump Truck Si Monster Pengangkut Material Tambang

Dump truck adalah salah jenis monster pengangkut material tambang yang digunakan untuk memindahkan material pada jarak menengah sampai jarak jauh (500 m atau lebih). Material-material yang dimuat di dalam alat angkut ini di antaranya batu bara, tanah urug, pasir, batu split, nikel, bijih besi hingga sampah.

Untuk ciri khasnya, dump truck  dilengkapi dengan piranti pembantu hidrolik yang terpasang di bawah bak dump truck dalam posisi tidur dengan bagian belakang berengsel, bagian depan bak yang dapat diangkat memungkinkan isi yang dibawa dalam bak dump truck dengan mudah ;langsung diturunkan di belakang truk di tempat pengiriman. 

Di Inggris dan Australia sendiri istilah tersebut berlaku hanya untuk offroad dan pekerjaan konstruksi saja. Sementara di jalan raya kendaraan ini dikenal sebagai tipper, truck tipper (Inggris) dan tip truck (Australia)

Dalam catatan sejarah, Dump truck pertama kali diperkenalkan oleh Robert T. Mawhinney

pada 1920 di Saint John, New Brunswick. Ketika itu Robert T. Mawhinney memasang kotak dump pada sebuah truk dengan bak model rata (flatbed).

Pada saat itu perangkat yang dipakai untuk mengangkat adalah sebuah winch yang dihubungkan dengan kabel dan puli katrol yang terpasang pada tiang di belakang kabin truk. Kabel dihubungkan ke ujung depan bawah kotak dump truck yang dilekatkan oleh pivot di bagian belakang kabin truk. 

Selanjutnya operator menggerakkan engkol untuk menaikkan dan menurunkan kotak. Saat ini, hampir semua dump truck dioperasikan oleh hidrolik yang dipasang dalam berbagai konfigurasi yang kemudian masing-masing dirancang untuk menyelesaikan tugas tertentu.

Dump truck sendiri terdiri dari berbagai macam  tipe,  di antaranya  dump  truck  roda empat dengan berat payload 2 ton – 3 ton, articulated dump truck untuk pekerjaan berat, dan dump truck dengan perlengkapan drawbar yang mempunyai berat sampai 50-60 ton lebih. Apabila truck tersebut digunakan untuk mengangkut kayu biasanya disebut logging truck. Muatannya  diisikan oleh alat pemuat, sedangkan untuk membongkar muatan dump truck bisa bekerja sendiri, ditinjau dari besar muatan

Di samping itu, dump truck dapat dikelompokkan menjadi dua golongan yaitu, on high way dump truck dan off high way dump truck.

Baca Juga : Tanpa Disadari! Ini 7 Makna Helm Proyek Tambang

Untuk type on highway muatannya lebih kecil dari 20 m3 dan menggunakan roda penggerak depan belakang (four wheel drive). Namun, ada juga yang dilengkapi dengan roda penggerak belakang saja (rear wheel drive). Sedangkan untuk type off high way dump truck muatanya lebih besar 20 m3 dan terdapat banyak karakteristik yang mengikutinya.

Sementara itu, untuk klasifikasi dan cara kerja dump truck sendiri didasarkan pada berbagai faktor. Seperti  ukuran, tipe mesin dan bahan bakar,  jumlah roda, as dan cara penyetiran, metode pembongkaran muatan, kapasitas, dan sistem pembongkaran.

Related Articles

Indonesia
108,032
Total active cases
Updated on April 16, 2021 5:01 am

Latest Articles