Minggu, Mei 26, 2024
MinerbaBatubaraIntip Yuk Potensi Persebaran Batubara dan Migas di Tanah Air

Intip Yuk Potensi Persebaran Batubara dan Migas di Tanah Air

ilmutambang.com – Dimana saja persebaran batubara dan migas Tanah Air? Secara geografis Indonesia berada pada titik pertemuan antara Benua Australia, Samudra Pasifik dan lempeng tektonik Asia Tenggara. 

Letak geografis tersebut menyebabkan sebagian besar wilayah Indonesia banyak mengandung sumber daya minyak bumi  dan batubara yang terjadi akibat endapan tersier (lapisan ketiga) atau pada dasar satuan batuan maupun lahar gunung berapi tersier. 

Indonesia bagian barat mempunyai sekitar 60 cekungan endapan, di mana 36 cekungan berada di wilayah bagian barat, 14 di antaranya penghasil minyak bumi sekaligus gas alam. Ladang-ladang minyak dan gas di wilayah tersebut telah “tua renta” (mature field), karena telah dieksplorasi sejak lama. 

Baca Artikel  Ini Penjelasan Kenapa Sistem Autolube Penting untuk Alat Berat di Pertambangan!
Kawasan tambang batubara PT Bukit Asam Tbk di Tanjung Enim, Sumatera Selatan. Antara/Nova Wahyudi
Kawasan tambang batubara PT Bukit Asam Tbk di Tanjung Enim, Sumatera Selatan. Antara/Nova Wahyudi

Sementara di wilayah bagian timur, terdapat 39 cekungan kaya hidrokarbon yang potensial untuk dieksplorasi melalui produksi tahap kedua (pre-tertiary) dan tahap lanjut (tertiary). 

Sekitar 75 persen dari eksplorasi dan produksi migas yang dilakukan di bagian barat wilayah Indonesia itu berada di Sumatera, Laut Jawa, Kalimantan Timur dan Kepulauan Natuna. Sedangkan empat wilayah utama penghasil gas alam, yaitu Kalimantan Timur, Arun di Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan Kepulauan Natuna.

Sebaran Batu Bara dan Migas di Indonesia

Berikut beberapa persebaran batubara dan migas Indonesia: 

  1. Batubara 

Wilayah penghasil batubara Indonesia di antaranya:

  • Bukit Asam di Tanjung Enim Sumatera Selatan. 
  • Kota Baru di Pulau Laut Kalimantan Selatan. 
Baca Artikel  APD Apa Saja yang Diperlukan Pekerja Tambang? Ini Daftarnya!

Batubara merupakan sumber energi bagi berbagai keperluan industri, seperti pembangkit listrik tenaga uap, pembakaran semen, batu gamping dan genting

  1. Minyak Bumi 

Wilayah penghasil minyak bumi Indonesia:

  • Sumatera, di Lhokseumawe dan Peureulak (Aceh), Tanjung Pura (Sumatera Utara), Sungai Pakning dan Dumai (Riau), Plaju, Sungai Gerong dan Muara Enim (Sumatera Selatan). 
  • Jawa, di Wonokromo, delta Sungai Brantas (Jawa Timur) dan Majalengka serta Jatibarang (Jawa Barat).
  • Kalimantan, di Balikpapan, Tarakan, Pulau Bunyu Kalimantan Timur serta Amuntai, Tanjung dan Rantau (Kalimantan Selatan). 
  • Maluku, di Pulau Seram. 
  • Papua, di Klamono Sorong dan Babo. 
  1. Gas Alam 

Penghasil gas alam Indonesia tersebar mulai dari Arun (Aceh), Bontang (Kalimantan), Jawa Barat, Sumatera Utara dan Sumatera Selatan.

Baca Artikel  Sebelum Memulai Aktivitas Pertambangan, Perhatikan Ini Dulu Yuk!

Kawan tambang, kekayaan migas dan batubara Indonesia yang tersebar luas di hampir seluruh wilayahnya, merupakan berkat sekaligus tanggung jawab besar dalam mengolah dan memanfaatkanya. Oleh karena itu, untuk terus mempertahankannya kita perlu melestarikan lingkungan dengan baik agar bisa dinikmati generasi mendatang. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer