Jumat, November 25, 2022

5 Provinsi Ini Simpan Potensi Batubara yang Boombastis!

5 Provinsi Simpan Potensi Batubara

Indonesia dianugerahi Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah, salah satunya batubara sebagai salah satu sumber energi yang menjanjikan.

Sumber energi yang dimiliki Indonesia ini nilainya bahkan mencapai ribuan triliun rupiah. Berbagai komoditas yang dimiliki Indonesia ini menjadi andalan ekspor sebagai salah satu sumber devisa negara.

Di dalam negeri sendiri, batubara digunakan untuk bahan bakar bagi perusahaan pembangkit listrik. Selain itu juga digunakan untuk bahan bakar gas, dan bahan baku pupuk untuk menyuburkan lahan pertanian.

Mengutip situs INews, berikut 5 wilayah di Indonesia sebagai penghasil dan juga menyimpan potensi batubara melimpah (data per-Agustus 2022): 

Kalimantan Timur

Daerah penghasil batubara terbesar pertama yaitu Kalimantan Timur. Provinsi ini  memiliki banyak kekayaan alam yang sangat berguna bagi bangsa Indonesia, yang salah satunya si emas hitam. 

Batubara yang tersimpan di daerah ini mencapai angka 59,69 miliar ton, atau sebanyak 41,5 persen dari total sumber daya batu bara yang ada di Indonesia. Adapun total cadangan batubara yang ada di provinsi ini mencapai 16,07 miliar ton.

Kalimantan Selatan

Masih berada di Pulau Borneo, daerah penghasil batubara terbesar selanjutnya yakni Kalimantan Selatan. Provinsi ini memiliki kekayaan 13,22 miliar ton batubara, serta memiliki cadangan batu bara 4,21 miliar ton. 

Lokasi penghasil batubara di provinsi ini terletak di daerah Pulau Laut. Hasil batu bara di daerah ini memiliki kualitas yang baik sehingga biasa diekspor ke luar negeri.

Kalimantan Tengah

Provinsi ketiga penghasil batubara terbesar di Indonesia yakni Kalimantan Tengah. Provinsi ini memiliki jumlah batu bara 11,25 miliar ton dan memiliki 10,1 persen dari keseluruhan cadangan di Indonesia. 

Di provinsi ini juga memiliki berbagai macam perusahaan pengolah hasil batubara yang akan digunakan sebagai bahan jadi dalam bahan bakar dan energi untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Related Articles

Indonesia
63,863
Total active cases
Updated on November 25, 2022 4:19 pm

Latest Articles