Selasa, April 16, 2024
Berita TambangPT Kideco Jaya Agung Gelar Pelatihan Pengelolaan Sampah

PT Kideco Jaya Agung Gelar Pelatihan Pengelolaan Sampah

ilmutambang.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Paser bekerjasama dengan PT Kideco Jaya Agung melaksanakan pelatihan pengelolaan sampah berbasis masyarakat melalui program 3R (Reuse, Reduce dan Recycle) di Desa Songka, Kecamatan Batu Sopang.

Pengelolaan sampah berbasis 3R, yakni Reuse, Reduce and Recycle. Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Reduce yaitu mengurangi timbulnya sampah, dan Recycle berarti mendaur ulang sampah menjadi produk lain yang bermanfaat.

Pelatihan tersebut diikuti oleh anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Kecamatan Batu Sopang. Pada pelatihan tersebut, peserta diberikan keterampilan mengelola sampah dan menghasilkan bermacam produk bernilai ekonomi. 

Baca Artikel  Optimis! Kideco Tambah Produksi Batubara di 2021

Saat ini pemerintah berupaya mengurangi sampah. Hal tersebut lantaran pada 2020 lalu, Indonesia tercatat menghasilkan 67,8 juta ton sampah dan 2021 sampah plastik mencapai 66 juta ton. 

Sementara pada 2021 sampah yang dihasilkan Kabupaten Paser berkisar 115,29 ton/hari atau setara 42.080,85 ton/tahun. Sedangkan sampah yang tertangani hanya sekitar 59,07 persen atau sekitar 68,104 ton/hari setara 24.858,10 ton/tahun. 

Pelatihan ini diharapkan dapat mengurangi sampah rumah tangga dan tercipta rantai ekonomi dari industri kecil menengah dari pengolahan sampah. 

PT Kideco menyampaikan bahwa program sinergi dengan pemerintah tersebut merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat dan untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup sekitar.  

Baca Artikel  3 Peran Penting Public Relation Bagi Perusahaan Pertambangan

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer