Senin, April 15, 2024
Ilmu TambangRagam Bentuk Reklamasi di Lahan Bekas Tambang

Ragam Bentuk Reklamasi di Lahan Bekas Tambang

Reklamasi tambang merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh pengelola pertambangan setelah kegiatan penambangan berakhir. 

Alasan utama perusahaan wajib melakukan reklamasi karena kegiatan pertambangan biasanya menyebabkan perubahan pada bentang alam. 

Kegiatan reklamasi akan membantu menekan perubahan alam dan lingkungan serta membantu memulihkannya. Selain itu, reklamasi akan membuat lahan bekas tambang akan tetap bermanfaat bagi manusia. 

Proyek reklamasi biasanya dilakukan dengan berbagai macam cara, mulai dari dijadikan tempat wisata sampai bisa dijadikan tempat pemukiman penduduk. 

  1. Dijadikan Tempat Wisata

Melalui reklamasi daerah bekas tambang dapat diubah menjadi tempat wisata dan edukasi pertambangan yang dapat menarik minat wisatawan untuk datang. 

Reklamasi hanya memerlukan beberapa penyesuaian, terutama berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan.

  1. Dijadikan Lahan Perkebunan
Baca Artikel  Lahan Bekas Tambang di Bangka Jadi Kebun Buah-buahan

Reklamasi tambang juga dapat memanfaatkan lahan bekas tambang sebagai lahan perkebunan. Perkebunan dengan menanam tumbuhan yang mampu menguatkan tanah akan membuat tanah menjadi lebih produktif

  1. Dijadikan Pemukiman Penduduk

Reklamasi dapat dilanjutkan dengan menjadikan kawasan bekas pertambangan sebagai perumahan bagi para pekerja atau perumahan dan permukiman bagi masyarakat setempat. Hal tersebut dapat dilakukan dengan membangun bangunan perumahan yang baru.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Tahapan Reklamasi Pertambangan

  1. Membuka Lapangan Pekerjaan untuk Masyarakat Sekitar

Reklamasi merupakan kegiatan ekonomis yang akan dapat membuka peluang kesempatan kerja luas bagi masyarakat sekitar, dan akan meningkatkan kesejahteraan mereka.

Salah satu contoh lapangan kerja yang bisa dibuat di lahan bekas tambang yaitu obyek wisata. Melalui tempat wisata, masyarakat sekitar mempunyai kesempatan untuk menjual barang atau jasa kepada pengunjung. 

Baca Artikel  5 Upaya Reklamasi untuk Pemanfaatan Lahan Bekas Tambang

Itu dia informasi terkait ragam bentuk reklamasi yang biasanya dilakukan di lahan bekas pertambangan. Semoga dengan adanya kegiatan reklamasi bisa menjadikan bekas tambang itu bermanfaat dan lebih bernilai bagi masyarakat sekitar.  

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer