Minggu, April 21, 2024
Berita TambangSudah Tahu Apa Saja Jenis Pertambangan Mineral di Indonesia?

Sudah Tahu Apa Saja Jenis Pertambangan Mineral di Indonesia?

ilmutambang.com – Indonesia merupakan negara kaya sumber daya alam, termasuk beragam mineral industri yang memiliki peran penting bagi industri dan perekonomian.

Pertambangan mineral telah mendukung industri dan perkembangan ekonomi di Tanah Air. Sumber daya ini ikut meningkatkan pengembangan sektor-sektor seperti konstruksi, kimia, keramik, dan banyak lagi.

Pengelolaan secara berkelanjutan dan pengembangan teknologi ekstraksi ramah lingkungan di sektor ini akan memastikan Indonesia dapat terus memanfaatkan kekayaan mineral, sambil melindungi lingkungan alam sekitarnya.

Berbagai jenis mineral industri yang ditemukan beberapa daerah di Indonesia dan perannya dalam mendukung industri dan pertumbuhan ekonomi, antara lain:

Batu Kapur

Batu kapur adalah salah satu mineral industri yang melimpah dan dapat ditemukan di Jawa, Sumatera Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Bali bagian selatan dan Papua bagian Selatan. Batu kapur digunakan dalam industri konstruksi sebagai bahan bangunan dan dalam industri kimia untuk pembuatan semen.

Belerang

Belerang banyak ditemukan secara alami di daerah gunung berapi, misalnya gunung Patuha (Jawa Barat) dan gunung Welirang (Jawa Timur). Belerang digunakan sebagai bahan baku produksi asam sulfat, dalam industri kimia. Belerang juga digunakan untuk pembuatan korek api, bubuk mesiu, insektisida, fungisida dan sebagainya. 

Yodium

Yodium adalah unsur penting yang diperlukan oleh makhluk hidup. Yodium ikut menjaga fungsi kelenjar tiroid. Tambang yodium dapat ditemukan di Semarang dan Mojokerto. 

Tanah Liat

Tanah liat merupakan tanah yang mengandung kandungan liat yang tinggi. Tanah liat banyak ditemukan di dataran Sumatera dan Jawa. Tanah liat digunakan bagi industri keramik, pembuatan genteng dan berbagai produk kerajinan tangan.

Kaolin

Kaolin diperlukan dalam industri keramik, termasuk porselen dan ubin keramik. Kaolin banyak terdapat di Belitung, Bangka dan Sulawesi Utara. 

Batu Granit

Batu granit sangat penting bagi industri konstruksi, karena keindahan alami dan kekuatan fisik. Batu granit digunakan untuk lantai, dinding dan patung-patung seni. Batu granit banyak ditemukan di pulau Karimun (Riau), Lampung dan Yogyakarta. 

Pasir Kuarsa

Pasir kuarsa sangat penting bagi industri pembuatan gelas, piring dan kaca. Daerah-daerah penghasil pasir kuarsa di antara lain  Madura (Jawa Timur), Bangka dan Belitung.

Baca Artikel  Gak Sembarangan! Begini Standarisasi Seragam Kerja di Pertambangan

Kawan tambang, Indonesia dianugerahi beragam jenis tambang mineral. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan domestik, tetapi negara lain yang juga memerlukannya. Keberlanjutan tambang mineral ini harus dikelola secara bijak dan santun.  

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer