Minggu, Februari 25, 2024
Berita TambangSudah Tahu Apa Saja Syarat Terbentuknya Batubara?

Sudah Tahu Apa Saja Syarat Terbentuknya Batubara?

ilmutambang.com – Kawan tambang mungkin sudah tak asing lagi dengan istilah ‘batubara’ bukan? Yup, batubara merupakan sumber energi bahan bakar fosil yang digunakan dalam pembangkit listrik di seluruh dunia. Lantas, bagaimana cara mendapatkan dan terbentuknya batubara?.

Cara mendapatkan batubara yaitu melalui penambangan dengan menggali ke dalam permukaan Bumi. Namun, sudahkah Kawan Tambang tahu apa saja syarat pembentukan batubara? 

Sebelum ditambang, batubara terbentuk melalui proses geologi yang kompleks dan membutuhkan waktu yang sangat panjang hingga bisa dimanfaatkan sampai sekarang. 

5 syarat ini agar bisa terbentuk batubara yang substansial dan komersial, apa saja? Untuk selengkapnya, simak penjelasannya di bawah ini ya. 

1). Suplai Tumbuhan 

Baca Artikel  Di Gaji hingga 110 Juta, Intip Peluang Kerja Lulusan Teknik Pertambangan

Suplai tumbuhan yang melimpah adalah syarat utama terbentuknya batubara. Sebab batubara terbentuk dari material organik sisa-sisa tumbuhan yang terkubur dalam endapan sedimen. 

Tumbuhan ini biasanya berasal dari daerah rawa atau hutan gambut yang lembab sehingga tumbuhan kayu tumbuh subur dan melimpah 

2). Kondisi Cekungan 

Cekungan di sini akan berperan vital untuk akumulasi sedimen. Kedalaman, kondisi hidrologis, hingga aktivitas tektonik pada cekungan ini akan mempengaruhi kualitas batubara yang terendapkan di dalamnya. 

3). Iklim 

Daerah dengan kondisi iklim lembab dan hangat memungkinkan tanaman subur dan cepat. Kondisi ini menyebabkan bahan organik dari tumbuhan terakumulasi dalam jumlah besar lalu mati dan terperangkap dalam endapan sedimen. 

Baca Artikel  Persiapkan 4 Hal Ini Jika Tertarik Bekerja di Pertambangan!

4). Oksigen 

Proses pembentukan batubara terjadi di lingkungan dengan akses oksigen yang terbatas sebab dengan kondisi minim oksigen ini akan memperlambat dekomposisi bahan organik oleh bakteri dan mikroorganisme, sehingga lebih banyak bahan organik yang terakumulasi. 

5). Tekanan dan Panas 

Dalam proses diagenesis tekanan dan panas faktor penting agar proses kimia dan fisik bahan organik berlangsung secara lancar dalam pembentukan batubara. 

Nah itu dia 5 syarat terbentuknya batubara. Tanpa kita sadari, ternyata butuh banyak sekali proses, elemen, sampai faktor pendukung ya untuk menghasilkan sebuah batubara yang biasa digunakan di PLTU.  Semoga informasi ini bermanfaat, Kawan!  

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer