Rabu, Februari 1, 2023
Berita TambangDi Gaji hingga 110 Juta, Intip Peluang Kerja Lulusan Teknik Pertambangan

Di Gaji hingga 110 Juta, Intip Peluang Kerja Lulusan Teknik Pertambangan

ilmutambang.com – Industri pertambangan di Indonesia merupakan salah satu industri yang cukup menjanjikan. Kenapa demikian? Hal ini tidak lepas bahwa Tanah Air tercinta ini kaya akan Sumber Daya Alam (SDA) barang tambang, mulai dari timah, nikel, tembaga, emas, minyak bumi, hingga batubara. 

Demi mengelola SDA barang tambang ini, dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten agar SDA dapat tereksplorasi dengan baik serta tidak merusak lingkungan. 

Teknik Pertambangan adalah salah satu cabang dari disiplin ilmu teknik yang berfokus pada ilmu-ilmu tentang eksplorasi bahan galian atau sumber daya mineral dan batubara. 

Apabila Kawan Tambang tertarik mengambil kuliah jurusan ini, peluang gaji yang akan didapat itu cukup menjanjikan lho.  Selain bergaji besar, prospek kerja lulusan teknik yang satu ini pun bisa bekerja di industri pertambangan dan di bidang lainnya. 

Baca Artikel  Pemerintah Wajibkan Eksplorasi Bagi Perusahaan Tambang

Beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang membuka jurusan teknik pertambangan itu lumayan banyak, di antaranya yaitu:

  1. Institut Teknologi Bandung, 
  2. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, 
  3. Universitas Sriwijaya, 
  4. Universitas Hasanuddin, 
  5. Universitas Trisakti, 
  6. Universitas Muhammadiyah Maluku Utara hingga 
  7. Universitas Cendrawasih.

Sebagai informasi bagi Kawan Tambang, kuliah di jurusan Teknik Pertambangan ini bisa jadi batu loncatan untuk mengenal dunia pertambangan dengan lebih menyeluruh dan berkarier di dunia pertambangan.

Pekerjaan lulusan Teknik Pertambangan cukup beragam, yaitu analis pertambangan, konsultan tambang, ahli tambang dan geologi, ahli hidrologi, bahkan ahli teknik energi.

Jurusan ini juga banyak diminati karena lulusannya memiliki prospek kerja yang menjanjikan dengan gaji yang tidak main-main lho. Umumnya, pendapatan untuk karyawan entry level di industri pertambangan, bisa mencapai kisaran lebih dari Rp110 juta rupiah per tahunnya. Cukup besar, bukan?

Namun perlu Kawan Tambang ingat, jumlah tersebut tentunya tergantung dari kemampuan dan pengalaman yang dimiliki oleh masing-masing lulusan ya Kawan. 

Baca Artikel  Kideco - Polda Kaltim Kerja Sama Fasilitasi Vaksin Gratis

Setelah mengetahui informasi mulai dari peluang kerja sampai gaji yang didapat sebagai lulusan teknik pertambangan, Kawan Tambang tertarik masuk jurusan ini? 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer