Senin, Mei 27, 2024
Berita TambangIni Tanaman Fitoremediasi yang Bisa Atasi Pencemaran di Pertambangan..

Ini Tanaman Fitoremediasi yang Bisa Atasi Pencemaran di Pertambangan..

ilmutambang.com – Tidak sedikit orang berpikir bahwa pencemaran harus diatasi dengan sesuatu yang besar dan rumit. Padahal ada tindakan sederhana yang dapat membantu menangani masalah pencemaran, yaitu fitoremediasi melalui penggunaan tanaman. 

Apa Itu Tanaman Fitoremediasi

Tanaman fitoremediasi adalah tanaman yang dapat membantu mengatasi permasalahan polusi air, biasanya disebabkan oleh kontaminasi logam berat. Pencemaran tersebut memang harus diatasi. Sebab polutan yang terkandung di dalam air akan mengganggu keberlangsungan kehidupan hewan dan organisme lain. Bahkan manusia yang menggunakan air tersebut akan terdampak. 

Tanaman fitoremediasi mampu menyingkirkan beragam logam berat, polyaromatic hydrocarbons, sampai pestisida di air maupun tanah. Selain bermanfaat untuk menangani pencemaran air, fitoremediasi juga mampu menghadirkan keindahan di alam, karena memiliki bunga yang indah. 

Juga memberikan keuntungan, yaitu biaya lebih rendah, karena tidak membutuhkan energi tambahan dan cukup mengandalkan sinar matahari untuk fotosintesis. 

Baca Artikel  Pemerintah Kini Siapkan Skema Harga Acuan untuk Nikel

Tanaman fitoremediasi dapat mengatasi pencemaran dengan cara menyerap polutan di dalam air menggunakan akar. Sehingga memperlambat gerakan air yang terkontaminasi. Cara kerjanya disebut dengan kontrol hidrolik.

Mekanisme Tanaman Fitoremediasi

Jenis Tanaman Fitoremediasi 

1. Iris Pseudacorus

Bunga cantik berwarna kuning ini tergolong tumbuhan yang mampu menyisihkan logam berat. Iris pseudacorus mempunyai tingkat produksi biomassa tinggi dan mentolerir lingkungan tercemar. Bunga ini dapat menyisihkan nitrogen, fosfor, BOD, COD, Cu, Mn, Fe, Cd, Cr sampai Pb.

Iris pseudacorus berasal dari Afrika Utara, Eropa, Asia Barat. Kemudian dinaturalisasi di Australia, Selandia Baru, Amerika Selatan dan Utara. Saat ini tanaman ini telah dibudidayakan di berbagai negara sebagai tanaman hias.

2. Vetiver

Vetiver merupakan tanaman fitoremediasi yang mampu menyerap racun logam seperti Pb dan Zn, memperbaiki kualitas air, bahkan mencegah bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. 

Harga Vetiver sangat murah dan perawatan mudah. Vetiver mampu beradaptasi di berbagai lingkungan bahkan di lapisan keras seperti lereng berbatu. Bahkan Vetiver juga dimanfaatkan sebagai mitigasi bencana di tanah air.

3. Typha Latifolia

Typha Latifolia adalah alang-alang yang mampu menyisihkan logam berat, mengurangi konsentrasi Fe, Ni dan Mn. Tumbuhan ini dapat dijumpai di rawa-rawa dan pinggiran danau.

4. Bunga Matahari

Bunga matahari adalah tanaman yang sangat digemari masyarakat. Bunga matahari mampu hidup di kawasan tropis dan dapat menyerap logam dengan mengakumulasi Cu, Pb dan Cd pada bagian daun.

Kawan tambang, pencemaran air akan menyebabkan beragam masalah, mulai dari kesehatan, pertanian bahkan ekosistem. Tanaman fitoremediasi merupakan solusi mudah, murah dan indah untuk mengatasinya. 

Baca Artikel  Kepoin Yuk, Cabang Ilmu Geoteknik dan Manfaatnya..

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer