Minggu, Februari 25, 2024
Berita TambangTanpa Disadari, Ini Manfaat Batubara Bagi Kehidupan Kita..

Tanpa Disadari, Ini Manfaat Batubara Bagi Kehidupan Kita..

ilmutambang.comBatubara merupakan salah satu sumber energi yang penting dalam kehidupan manusia. Sebab, batubara telah digunakan sebagai bahan bakar dari hampir 40 persen pembangkit listrik di seluruh dunia.

Tidak hanya sebagai bahan bakar pembangkit listrik, tetapi batubara juga merupakan bahan bakar utama bagi produksi sejumlah komoditas penting. Di antaranya, baja, semen, alumina, pabrik kertas, industri kimia dan farmasi.

Manfaat Batu Bara Dalam kehidupan Manusia

Batubara merupakan sumber energi yang memiliki banyak manfaat dalam kehidupan manusia. Berikut beberapa manfaat batubara bagi manusia.

  1. Bahan Bakar Fosil Paling Murah

Batubara merupakan bahan bakar industri sangat murah, sangat mudah disalurkan dan tidak membutuhkan tempat khusus hanya perlu disimpan di tempat yang kering dan sejuk.

  1. Bahan Bakar Utama Di Bumi

Batubara merupakan sumber energi bagi 30 persen seluruh energi dunia, yang memasok 40 persen sumber energi pembangkit listrik. Batubara dipercaya masih cukup untuk 300 tahun ke depan. 

  1. Bahan Bakar Terbaik Untuk Pembangkit Listrik

Energi listrik dihasilkan oleh batubara yang dikonversikan menjadi uap panas, untuk menggerakkan turbin generator listrik dan menghasilkan tenaga listrik. 

  1. Menghasilkan Gas

Batubara dapat menghasilkan gas. Gas alam dihasilkan dari batubara murni ini diproses menjadi berbagai produk, seperti bahan bakar industri, pembangkit listrik berbahan bakar gas, serta produk hidrogen dan solar.

  1. Penopang Penting Sektor Industri

Panas yang dihasilkan batubara sangat tinggi, ini sangat mendukung berbagai sektor industri, seperti industri baja, industri alumunium, industri semen, industri kertas, dan industri kimia.

  1. Limbah Padat Multifungsi

Limbah padat batubara dapat bernilai ekonomis jika dimanfaatkan untuk mendukung pembangunan infrastruktur, seperti bahan baku pembangunan jalan, conblock, semen, hingga bahan baku pupuk.

Itulah penjelasan singkat beberapa manfaat batubara selama ini bagi kehidupan manusia.

Baca Artikel  Ragam Keuntungan Dibalik Pertambangan Batubara

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer