Selasa, April 16, 2024
MinerbaBatubaraRagam Keuntungan Dibalik Pertambangan Batubara

Ragam Keuntungan Dibalik Pertambangan Batubara

Pertambangan Batubara

Batubara merupakan salah satu jenis sumber daya mineral yang terbentuk dari material organik dan telah terkonsentrasi di dalam tanah selama berabad-abad. 

Batubara biasanya ditemukan di dalam formasi batuan yang disebut lapisan batubara dan terdiri dari berbagai macam karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen dan sulfur. 

Sebagian besar batubara digunakan saat ini berasal dari formasi sekitar 300 juta tahun yang lalu, selama zaman karboniferal. 

Di balik berbagai macam masalah yang muncul dari kegiatan pertambangan batu bara. Ternyata ada keuntungan yang jauh lebih penting, keuntungan ini bahkan dirasakan setiap hari. 

Misalnya listrik merupakan energi yang sumbernya berasal dari batubara. Batubara dibakar untuk menghasilkan panas dan berguna untuk menghasilkan listrik atau untuk memanaskan rumah. 

Baca Artikel  Begini Kondisi Pertambangan Batubara di Abad 19

Kegiatan bisnis pertambangan batu bara dapat memberikan keuntungan ekonomi signifikan bagi negara atau wilayah yang memilikinya. 

Beberapa keuntungan dari kegiatan tambang batubara antara lain:

  1. Penghasilan

Pertambangan batubara dapat menghasilkan masukan ekonomi bagi negara atau wilayah yang memilikinya. Penghasilan tersebut dapat digunakan untuk membiayai berbagai program pemerintah dan membantu pertumbuhan ekonomi.

  1. Lapangan Kerja

Pertambangan batubara dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat, terutama warga setempat. Ini dapat membantu mengatasi pengangguran dan memberikan sumber penghasilan bagi warga yang bekerja di tambang batubara tersebut.

  1. Sumber Energi

Batubara merupakan sumber energi penting bagi manusia. Saat dibakar, batubara dapat menghasilkan panas yang berguna untuk menghasilkan listrik bagi dunia industri dan untuk memanaskan rumah.

  1. Pengembangan Infrastruktur

Pertambangan batubara dapat membantu pengembangan infrastruktur di wilayah tambang. Misalnya pembangunan jalan, jembatan dan fasilitas lain yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan pertambangan.

  1. Diversifikasi Ekonomi

Pertambangan batubara dapat membantu meningkatkan diversifikasi pertumbuhan ekonomi di wilayah tambang. Wilayah tersebut tidak hanya tergantung pada satu sektor saja, tapi juga memiliki sumber pendapatan dari sektor lain.

Baca Artikel  Sederet Manfaat Gasifikasi Batubara untuk Indonesia

Demikianlah penjelasan mengenai keuntungan yang dibawa oleh usaha pertambangan batubara bagi ekonomi dan masyarakat semuanya. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer