Rabu, Februari 1, 2023
Berita TambangYuk Pelajari Proses Terbentuknya Batubara Di Sini!

Yuk Pelajari Proses Terbentuknya Batubara Di Sini!

Batu bara adalah merupakan salah satu sumber energi bahan bakar fosil yang digunakan dalam pembangkit listrik di seluruh dunia.

Batu bara didapatkan melalui penambangan yaitu menggali ke dalam permukaan Bumi. Namun tahukah kamu bagaimana batubara dapat terbentuk? Yuk langsung simak penjelasan berikut ini!

  1. Teori Pembentukan Batubara

    Terbentuknya batubara dapat dijelaskan dengan menggunakan 2 teori:

Teori In-situ

Batubara terbentuk dari tumbuhan atau pohon, yang umumnya terjadi di hutan basah dan berawa.

Pohon-pohon di hutan tersebut mati dan roboh, langsung tenggelam ke dalam rawa dan sisa tumbuhan tersebut tidak mengalami pembusukan secara sempurna. Pada akhirnya menjadi fosil tumbuhan yang membentuk sedimen organik.

Teori Drift

Baca Artikel  Wow! Gunung Cantik ini Dulunya Bekas Galian Tambang

Batubara terbentuk dari tumbuhan atau pohon, yang umumnya terjadi di delta-delta sungai. Tumbuhan dan pohon berasal dari hutan yang bukan di tempat batubara tersebut terbentuk. 

Batubara ini berciri lapisan tipis, tidak menerus (splitting), banyak lapisannya (multiple seam), banyak pengotor (kandungan abu cenderung tinggi). Pembentukan batubara ini melalui proses biokimia (penggambutan) dan geokimia (pembubaran).

  1. Tahap Pembentukan Batubara 

Tahap penggambutan (peatification) merupakan tahap di mana sisa-sisa tumbuhan yang terakumulasi tersimpan dalam kondisi bebas oksigen (anaerobik) karena selalu tergenang air pada kedalaman 0,5-10 meter. 

Tahap pembatubaraan (coalification) merupakan gabungan proses biologi, kimia dan fisika, yang terjadi karena pengaruh pembebanan dari sedimen yang menutupinya, temperatur, tekanan, dan waktu terhadap komponen organik dari gambut. 

Baca Artikel  Tertarik Masuk Jurusan Pertambangan? Siapkan Soft Skills Ini

Pada tahap ini karbon akan meningkat, sedangkan hidrogen dan oksigen akan berkurang. Proses ini akan menghasilkan batubara dalam berbagai tingkat kematangan material organiknya mulai dari lignit, sub bituminus, bituminus, semi antrasit, antrasit, hingga meta antrasit.

  1. Faktor yang Mempengaruhi Pembentukan Batubara 

Ada tiga faktor yang mempengaruhi proses pembentukan batubara yaitu: umur, suhu dan tekanan. 

Mutu endapan batubara ditentukan oleh suhu, tekanan dan lama waktu pembentukan, yang disebut sebagai ‘maturitas organik. 

Kemudian batubara muda akan mengalami perubahan secara bertahap menambah maturitas organiknya dan mengubah batubara muda menjadi batubara sub-bituminus (sub-bituminous). 

Semakin tinggi kualitas batubara, maka kadar karbon meningkat, sedangkan hidrogen dan oksigen berkurang. Semakin tinggi mutu batubara, umumnya semakin keras dan kompak, serta warnanya semakin hitam mengkilat dan kelembabannya berkurang. 

Baca Artikel  Sederet Manfaat Barang Tambang untuk Kehidupan Manusia

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer