Kamis, Juli 25, 2024
MinerbaBatubaraPantas Banyak Dilirik, Ternyata RI Punya Potensi Batubara Segini!

Pantas Banyak Dilirik, Ternyata RI Punya Potensi Batubara Segini!

Ternyata RI Punya Potensi Batubara Segini – Bukan menjadi rahasia umum lagi Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki harta karun batubara. Emas hitam yang dimiliki Indonesia ini bahkan telah memenuhi hajat energi banyak negara di dunia.

Faktanya, Sumber Daya Alam (SDA) tambang batubara di Indonesia bahkan masih menyimpan banyak cadangan yang memungkinkan Indonesia dapat terus secara berkelanjutan memenuhi kebutuhan energi dalam negeri ataupun untuk diekspor.

Berdasarkan catatan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) 2021, cadangan batubara Indonesia mencapai sebanyak 31,7 miliar ton. Banyaknya ‘Harta karun’ emas hitam yang dimiliki Indonesia ini dinilai bisa membuat dunia iri dan menjadi rebutan.

Apalagi di benua Eropa, negara-negara di Benua Biru itu tengah membutuhkan bahan baku batubara untuk kebutuhan energi kelistrikan negaranya di tengah krisis energi yang sedang melanda mereka.

Batubara asal Indonesia menjadi substitusi impor Eropa tatkala, negara-negara tersebut mengenakan sanksi ekonomi berupa penyetopan batubara dari Rusia yang menjadi andalan mereka.

Mengutip data Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia (APBI), ekspor batubara dari Indonesia ke negara-negara Eropa pada September 2022 mencapai sebanyak 3,5 juta – 4 juta ton. Ekspor ini menjadi yang terbesar pertama sepanjang sejarah. 

Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, volume ekspor batubara Indonesia ke Eropa biasanya kurang dari 1 juta ton per tahun.

Baca Artikel  Mengenal Ground Control Point Pemetaan Drone di Pertambangan

Melihat masih banyaknya negara-negara di dunia yang membutuhkan komoditas batubara, hal tersebut membuktikan bahwa si emas hitam ini masih menjadi energi alternatif yang terjangkau dan potensial.

Dengan semua keuntungan tersebut, bisa diprediksi batubara masih sangat dibutuhkan sebagai sumber energi yang murah dan juga efisien. 

Bahkan selain itu, batubara dipercaya punya peran besar terhadap kemajuan ekonomi suatu negara, salah satunya seperti dapat terciptanya lapangan pekerjaan baik di dalam maupun luar negeri. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer