Senin, April 15, 2024
Berita TambangYuk Ketahui 5 Tugas Utama Seorang Safety Officer di Pertambangan

Yuk Ketahui 5 Tugas Utama Seorang Safety Officer di Pertambangan

ilmutambang.com – Posisi Safety Officer di Pertambangan memiliki tugas yagng sangat penting. Penerapan Kesehatan, Keamanan, dan Keselamatan kerja (K3) dalam sebuah perusahaan pertambangan harus dilakukan secara optimal. 

Demi mencapai hal tersebut, setiap perusahaan perlu biasanya memerlukan seorang safety officer. Posisi ini mempunyai tugas untuk memastikan seluruh pekerja yang berada dalam lingkungan kerjanya, bekerja dalam kondisi yang terjamin keamanan dan kesehatannya. 

Safety officer juga harus mengidentifikasi dan meminimalisir resiko bahaya yang mungkin akan muncul di lingkungan kerjanya.

Beberapa Tugas Utama Safety Officer

  1. Mengidentifikasi dan Memetakan potensi Bahaya

Safety officer harus mengenali dan memetakan segala bentuk bahaya yang mungkin terjadi dalam proses bisnis. Ini termasuk membuat tingkatan risiko dari bahaya (impact) dan peluang terjadinya bahaya itu (probability).

  1. Membuat Gagasan Program K3 (Mencangkup Usaha Preventif dan Usaha Korektif)

Safety officer harus menyiapkan langkah preventif, yang bertujuan untuk mengurangi terjadinya kecelakaan di lingkungan kerja. Juga langkah korektif dan tindakan mitigasi.

  1. Membuat dan Memelihara Dokumen yang Berkaitan dengan K3

Safety officer harus membuat dokumentasi yang baik termasuk aspek penting dalam menghindari bahaya. Serta membuat prosedur baku dan memelihara barang atau catatan yang berkaitan K3.

  1. Mengevaluasi Insiden Kecelakaan

Safety officer wajib menganalisa dan mengevaluasi kecelakan yang terjadi agar mengetahui akar permasalahannya. Juga memonitor efektivitas program yang berjalan, termasuk mengelola laporan yang diperlukan untuk manajemen perusahaan.

  1. Menjadi Penghubung Antara Pemerintah dan Perusahaan

Safety officer adalah penghubung antara regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah dan kebijakan perusahaan. Ia harus menjamin kriteria yang sudah ditetapkan tersebut dipenuhi perusahaan.

Baca Artikel  Aktivitas Tambang Bawah Tanah yang Perlu Kamu Tahu!

Itulah tugas utama yang harus dilakukan oleh safety officer untuk menjaga keselamatan dan keamanan proses kerja di tempat kerjanya. Setelah mengetahui tugas dari safety Officer, apakah Kawan Tambang siap menjadi seorang safety officer?

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer