Rabu, Februari 1, 2023
Berita TambangWaspadai 5 Masalah Truk Tambang yang Sering Timbul!

Waspadai 5 Masalah Truk Tambang yang Sering Timbul!

ilmutambang.com – Truk tambang seringkali menghadapi masalah di tengah perjalanan, tentu karena membawa material berat.  Tidak sedikit masalah pada truk ini seringkali menjadi pemicu kecelakaan di lintasan. Oleh karenanya pencegahan dan penanganan yang tepat perlu dilakukan. 

Masalah apa saja pada truk yang sering terjadi? Yuk simak penjelasannya di bawah ini: 

  1. As Roda yang Patah

Patah as roda biasanya disebabkan oleh muatan yang melebihi batas dan kurangnya perawatan kaki-kaki truk.

  1. Ban Pecah

Ban pecah biasanya dipicu juga karena muatan yang berlebihan dan minimnya perawatan. 

  1. Rem Blong

Truk dengan daya angkut 20 ton ke atas, seperti Hino 500, IVECO 682 dan yang sekelasnya, menggunakan pengereman sistem rem udara (Air Braking System) tidak menggunakan media minyak.

  1. Kopling Aus
Baca Artikel  Wajib Tahu! Inilah Syarat Utama Jadi Sopir Tambang

Kopling aus terjadi karena truk terlalu sering membawa beban berat, sehingga mempengaruhi laju kendaraan. Namun juga diakibatkan oleh kelalaian operator truk. 

  1. Transmisi Berpindah

Transmisi loncat biasanya disebabkan karena gerigi pada gear sudah mulai tidak menggigit, sehingga membuat gigi transmisi berpindah sendiri ke posisi netral.

Berbagai masalah pada truk tersebut dapat saja terjadi kapan pun di mana pun. Namun hal ini dapat dicegah dengan melakukan perawatan secara rutin, serta menggunakan kendaraan sesuai dengan standar.

Perawatan untuk truk khusus tambang tentunya harus diutamakan dan tidak dapat disepelekan, terutama bagi para pelaku industri tambang. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer