Minggu, April 14, 2024
Berita TambangMelihat Keindahan Danau Biru Singkawang, Wisata Bekas Tambang yang Memikat Hati

Melihat Keindahan Danau Biru Singkawang, Wisata Bekas Tambang yang Memikat Hati

Wisata Danau Biru Singkawang ini bakal memikat hati kalian. Apabila kalian sedang berkunjung ke Singkawang, tidak ada salahnya mengunjungi Danau Biru dengan pemandangan alam yang cantik. Danau ini berasal dari bekas tambang emas, warnanya biru sungguh memikat hati.

Danau indah ini berada di kota Singkawang, Kalimantan Barat. Letaknya di ujung Jalan Wonosari, Kelurahan Roban, Kecamatan Singkawang Tengah.

Untuk sampai ke danau, kalian harus terlebih dahulu melewati tempat pembuangan sampah dan kebun sawit. Jalan tanah dan batu, yang cocok untuk kegiatan offroad. Dari jalan besar menuju ke Danau Biru ini memerlukan waktu sekitar 20 menit.

Warna biru danau begitu berbeda dengan warna di sekitarnya. Ini menciptakan sebuah lukisan alam yang indah. Meskipun sesungguhnya danau ini tercipta dari hasil eksploitasi manusia terhadap alam yang kaya.

Perpaduan air danau berwarna biru dengan pemandangan lingkungan di belakangnya akan menghasilkan foto yang indah. Memang danau ini sudah sering dijadikan lokasi foto pre wedding.

Keindahan Danau Biru Singkawang
Keindahan Danau Biru Singkawang, foto: inimulti.com

Namun danau biru ini statusnya masih bukan tujuan wisata resmi dari Pemerintah Kota Singkawang. Karena banyak orang yang mengunggah keindahannya di media sosial, lalu banyak wisatawan lain tertarik untuk datang.

Air danau yang berwarna biru ini diduga mengandung polutan bahan kimia. Jika kalian tengah berada di tepi danau, tidak boleh mengonsumsi air danau dan berenang di sana. 

Menurut cerita masyarakat sekitar, danau ini awalnya merupakan tempat untuk membersihkan hasil penambangan emas. Bekas galian tambang emas ini lama kelamaan terisi air dan menjadi danau seperti sekarang.

Kawan tambang, danau biru bekas galian tambang emas ini merupakan ikon Singkawang Kalimantan Barat. Tempat wisata ini beroperasi 24 jam dengan harga tiket masuk sebesar Rp5 ribu saja.   

Baca Artikel  5 Langkah Mudah Terapkan Keanekaragaman Hayati di Daerah Pertambangan

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer