Sabtu, September 18, 2021

Wow! Lahan Bekas Tambang Di Inggris Disulap Jadi PLTP

Lahan bekas tambang batubara di Inggris bernama Hebburn Collierry akan disulap menjadi area proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP). Diketahui tambang batubara Hebburn Colliery ini sendiri didirikan pada akhir abad ke-18 dan telah ditutup pada tahun 1932. 

Pemanfaatan lahan bekas tambang ini akan dilakukan di timur laut Inggris, setelah mendapatkan izin untuk melakukan pengujian awal. Dewan Tyneside Selatan menyampaikan, proyek PLTP tersebut akan menarik energi panas bumi dari bekas tambang yang ditinggalkan. 

Pengerjaan proyek pemanfaatan lahan bekas tambang menjadi PLTP ini dilakukan mengingat energi panas bumi menjadi sumber daya panas bumi yang bersih dan penting. Proyek ini akan dikerjakan bekerja sama dengan Universitas Durham dan otoritas batubara Inggris. 

Otoritas batubara Inggris menyebutkan, pompa air yang menjaga tambang bawah tanah tetap kering sering kali dimatikan, sehingga menyebabkan banjir. Nantinya dua sumur yang terdapat di lahan bekas tambang ini akan dibor untuk diambil airnya dari tambang, dengan pengujian dilakukan untuk memastikan proyek tersebut layak.

Baca Juga : 7 Area Bekas Tambang Kini Jadi Wisata Instagramable!

Jika semua berjalan sesuai rencana, pompa panas sumber air itu kemudian akan digunakan untuk mengeluarkan panas dari air tambang sebelum dikompresi ke suhu yang jauh lebih tinggi. Pekerjaan pengeboran dan konstruksi sumur sendiri dijadwalkan selesai pada musim gugur.

Pemanfaatan lahan bekas tambang menjadi PLTP yang pendanaannya berasal dari Dana Pembangunan Regional Eropa ini, diperkirakan akan menghasilkan keuntungan hingga US$5,48 juta. Diharapkan dapat mengurangi 319 ton emisi karbon per tahunnya.

Proyek pemanfaatan lahan bekas tambang Hebburn Colliery menjadi PLTP ini menjadi salah satu dari beberapa proyek di Inggris yang ingin memperkenalkan teknologi energi baru ke lokasi pertambangan batubara lama. 

Related Articles

Indonesia
68,942
Total active cases
Updated on September 18, 2021 11:44 am

Latest Articles