Minggu, April 14, 2024
Berita TambangWow! Potensi Emas 2 Miliar Ton Ditemukan di NTB

Wow! Potensi Emas 2 Miliar Ton Ditemukan di NTB

Potensi Emas 2 Miliar Ton Ditemukan di NTB – Indonesia memang kaya raya akan ‘harta karun’, yaitu sumber daya alam mineral. Belum lama ini, PT Sumbawa Timur Mining (STM) mengumumkan hasil perkiraan temuan potensi sumber daya tembaga emas Onto di dekat Bali. Angka perkiraan potensinya diyakini luar biasa.

Onto merupakan bagian dari Proyek Hu’u milik PT STM, pemegang Kontrak Karya (KK) generasi ke-7 yang ditandatangani Pemerintah pada 19 Februari 1998, terletak di Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu dan Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Total potensi sumber daya mineral Onto tertunjuk sebesar 1,1 miliar ton, dengan rincian 0,96% Cu (Tembaga) dan 0,58 g/t Au (Emas) dan total potensi sumber daya mineral Tereka sebesar 1,0 miliar ton terdiri dari 0,7% tembaga dan 0,4 g/t emas. Ini menurut catatan PT STM Desember 2021.

Baca Artikel  Intip 4 Fakta Emas Indonesia Terkenal di Dunia, Cekidot!

Sebelumnya pada Desember 2019 lalu, PT STM mengumumkan total potensi sumber daya mineral Onto tertunjuk sebesar 0,76 Miliar ton, dengan rincian 0,93% tembaga dan 0,56 g/t emas dan total potensi sumber daya mineral dan tereka sebesar 0,96 miliar ton dengan 0,87% tembaga dan 0,44 g/t emas.

Perkiraan potensi sumber daya mineral Onto per Desember 2021 meningkatkan sebesar 0,4 Miliar ton, yaitu setara dengan lebih 20% dibandingkan dengan per Desember 2019.

Baca Juga: Wonogiri Punya Potensi Emas Melimpah, DItemukan Lokasinya..

Melihat potensi sumber daya mineral yang terdapat di Onto sebanyak itu, Presiden Direktur STM mengatakan bukan tidak mungkin wilayah Onto dapat dikembangkan lebih lanjut menjadi sebuah operasi pertambangan tembaga kelas dunia.

Baca Artikel  5 Pulau di Indonesia ini Simpan Cadangan Emas Miliaran Ton

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer