Minggu, Juni 16, 2024
Berita TambangYuk Hindari Kecelakaan Kerja di Tambang Lewat Langkah Berikut..!

Yuk Hindari Kecelakaan Kerja di Tambang Lewat Langkah Berikut..!

ilmutambang.com – Kawan Tambang mungkin sudah tahu, ancaman kecelakaan kerja itu tentunya lebih tinggi di area outdoor daripada indoor.

Melihat fakta tersebut, dapat dikatakan pekerjaan pertambangan termasuk salah satu pekerjaan outdoor penuh dengan resiko. Oleh sebab itu, sudah seharusnya pekerja tambang harus waspada dalam segala situasi, baik dalam mengoperasikan alat berat maupun hanya sekedar memantau saja.

Demi mencegah hal yang tidak diinginkan saat bekerja, sebaiknya pelajari dahulu yuk beberapa tips berikut supaya terhindar dari bahaya kecelakaan kerja di wilayah pertambangan:

  1. Jangan Mengabaikan Bahaya

    Sikap ceroboh dan mengabaikan bahaya merupakan salah satu bagian penyebab terjadinya kecelakaan kerja di pertambangan.
  2. Perencanaan dan Komunikasi yang Jelas Ketika Bertugas

    Semua resiko terjadinya kecelakaan kerja harus dihitung dan dimasukkan dalam rencana kerja serta dikomunikasikan kepada seluruh tim kerja sebagai upaya mengurangi resiko tersebut.
  3. Mengikuti Pelatihan Keselamatan Kerja

    Seluruh tim kerja harus mengikuti pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja baik secara teori dan praktik langsung. Secara berkala melakukan pemeriksaan kesehatan dan kebugaran untuk mengetahui kemampuan tuntutan fisik para pekerjaan.
  4. Menyediakan Perlengkapan Keselamatan

    Perusahaan menyediakan semua alat pelindung diri pekerja tambang, misalnya mulai dari helm, kacamata pengaman dan sarung tangan.
  5. Tim Pengawas

    Para supervisor harus tegas dan disiplin dalam pengawasan para pekerja termasuk mengetahui keberadaan anggota tim dalam setiap shift.  
  6. Prosedur dan Pendokumentasian

    Para pekerja harus mengetahui apa yang harus dilakukan apabila terjadi kecelakaan kerja. Yaitu prosedur keselamatan dan mendokumentasikan insiden yang terjadi, serta siapa yang harus dihubungi.  
  7. Mengikuti Standar Keselamatan Terbaru

    Alat keselamatan pelindung diri harus selalu diperbaharui dan tidak boleh menghemat pengeluaran operasional keselamatan. Karena jika terjadi kecelakaan sudah terjadi dan alat tersebut sudah usang dan tidak layak pakai, maka akibatnya akan fatal.
Baca Artikel  Kenapa Batuan Tambang Tidak Bisa Terbakar?

Kawan tambang, meskipun risiko kecelakaan kerja tidak dapat dihindari sepenuhnya. Namun upaya mencegah merupakan bentuk tanggung jawab dan kepedulian perusahaan kepada para pekerjanya.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer