Kamis, April 18, 2024
Berita Tambang4 Fakta Peluncuran Tambang Asteroid Senilai US$10 Ribu Kuadriliun

4 Fakta Peluncuran Tambang Asteroid Senilai US$10 Ribu Kuadriliun

Misi Psyche adalah misi pertama manusia untuk mengeksplorasi asteroid Psyche. Psyche adalah asteroid yang mengandung banyak bahan tambang, yaitu logam. Bahan tambang  ini terletak di sabuk utama antara planet Mars dan Jupiter. 

Badan Antariksa Amerika (NASA) akan meluncurkan misi Psyche ini kurang dari sepekan ke depan. Misi yang bernilai sekitar 10.000 kuadriliun dolar ini akan diluncurkan pada 5 Oktober 2023 dari dari kompleks peluncuran bersejarah 39A di Kennedy Space Center, Florida. 

Berikut ini hal-hal yang perlu ketahui tentang Misi Psyche NASA:

  1. Asteroid Kaya Logam

Psyche adalah objek terpadat di tata surya. Para astronom berpendapat bahwa Psyche mungkin adalah sebuah inti planet yang gagal. Berdasarkan pengamatan cahaya, Psyche diperkirakan mengandung besi dan nikel, kemungkinan juga banyak emas. 

  1. Asteroid Bisa Berwarna Hijau Keemasan
Baca Artikel  Induk Kideco Bangun Perusahaan Baru Berfokus pada Kendaraan Listrik

Para astronom berpendapat bahwa Psyche dulunya banyak terdapat gunung berapi belerang, sehingga sebagian permukaannya mungkin memiliki warna ‘hijau keemasan’.

  1. Misi akan Diluncurkan Dari ‘Apollo Pad’

Misi Psyche dijadwalkan diluncurkan Kamis, 5 Oktober 2023. Misi ini akan diluncurkan dari kompleks peluncuran bersejarah 39A di Kennedy Space Center. 

Landasan peluncuran ini awalnya dibangun untuk program Saturn V pada tahun 1960-an, yang meluncurkan semua misi berawak Apollo ke bulan. Landasan ini juga merupakan tempat peluncuran Pesawat Luar Angkasa. Saat ini, landasan sedang disewa oleh SpaceX untuk kendaraan peluncuran Falcon 9 dan Falcon Heavy.

  1. Menempuh Jutaan Kilometer

Perjalanan Misi Psyche akan dilakukan selama enam tahun, sejauh 3,6 miliar kilometer. Perjalanan itu akan sangat terbantu pada bulan Mei 2026, saat ia meluncur mengelilingi Mars yang memberinya tambahan kecepatan yang sangat besar. Setelah tiba pada 2029, misi akan mengorbit 16 kali mengelilingi Psyche selama 26 bulan, memetakan dan mempelajari sifat-sifat asteroid.

Baca Artikel  Deadline Sampai 7 Oktober 2023, Ini Tips Dapat Beasiswa Kideco Gemilang!

Kawan tambang, jika pun misi ini berhasil dan bahan tambang asteroid itu berhasil dibawa kembali ke Bumi. Tidakkah hal itu justru akan menghancurkan pasar logam dunia dan menjadikannya tidak berharga? 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer