Senin, Mei 27, 2024
Berita Tambang5 Alasan Kenapa Manusia Membutuhkan Barang Tambang

5 Alasan Kenapa Manusia Membutuhkan Barang Tambang

Manusia membutuhkan barang tambang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Hal itu disebabkan karena kegiatan tambang itu tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia.

Barang tambang sebagai sumber energi, yaitu minyak bumi, gas alam dan batu bara.

Bahan tambang logam, yaitu emas, perak, tembaga, bauksit, besi, perak, timah, nikel dan mangan. Bahan tambang industri, seperti asbes dan kapur.

Melalui penambangan, manusia dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dengan barang-barang tambang tersebut.

Berbagai macam barang tambang tersebut didapatkan melalui kegiatan pertambangan.

Manusia membutuhkan dan bergantung pada barang tambang dalam kehidupan sehari-hari karena:

Baca Juga: Alhamdulillah, Harga Batubara Acuan April Kembali Melejit..

1. Apapun yang tidak ditanam maka harus ditambang, sehingga industri pertambangan menjadi titik awal rantai ekonomi bagi perkembangan dunia modern.

Baca Artikel  Investasi di Sektor Tambang Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi RI

Dari sumber energi, transportasi, elektronik, mesin, pupuk dan konstruksi bangunan membutuhkan bahan tambang sebagai komponen pentingnya.

2. Kebutuhan manusia yang harus dipenuhi karena terjadi pertumbuhan penduduk, modernisasi yang menyebabkan bertambahnya kebutuhan manusia, yang hanya dapat dipasok oleh pertambangan.

3. Belum ada pengganti barang tambang karena pengganti dari bahan tambang dianggap tidak efektif, meskipun yang sudah ada misalnya serat karbon menggantikan fungsi beberapa logam dan energi terbarukan menggantikan batubara.

4. Pertambangan dibutuhkan negara untuk bertahan hidup, khususnya bagi sejumlah negara berkembang sebagai dasar perkembangan perekonomian negara tersebut.

5. Pertambangan menjadi industri berteknologi yang berkelanjutan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi tinggi, untuk memenuhi regulasi kelestarian lingkungan demi memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan kehidupan manusia ke depannya.

Baca Artikel  Kamu Anak Tambang? Bisa Bedain Jenis Kualitas Batubara?

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer