Senin, Mei 27, 2024
Berita Tambang5 Contoh Bahan Tambang Organik yang harus Diketahui!

5 Contoh Bahan Tambang Organik yang harus Diketahui!

ilmutambang.com – Ada begitu banyak contoh bahan tambang organik maupun tambang logam dan bahan industri yang bisa kita dijumpai dalam kehidupan sehari-sehari. Mengingat bahan tambang itu sendiri menjadi salah satu sumber daya alam yang digunakan sebagai pemenuhan kebutuhan hidup.

Apa Itu Bahan Tambang Organik?

Sebelumnya, perlu kamu ketahui jika barang tambang merupakan sebuah sumber daya alam yang bisa diperoleh dengan jalan melakukan penambangan. Sedangkan tambang organik adalah salah satu jenis bahan tambang yang dihasilkan dari makhluk hidup. 

Macam-macam Bahan Tambang Organik

Untuk lebih detail mengetahuinya, berikut tuliskan 5 contoh bahan tambang organik yang dekat dalam keseharian dan harus kamu ketahui.

1. Perak

Bahan tambang organik perak merupakan salah satu hasil bumi yang sekaligus menjadi contoh dari bahan tambang organik. Material ini hampir mirip dengan emas, namun yang membedakannya adalah perak berwarna putih atau silver dan berkilau. Sedangkan emas berwarna kuning dan berkilau sama halnya dengan perak.

2. Batu bara

Contoh barang tambang organik kedua adalah batubara. Bahan ini dikenal pula sebagai batuan organik yang memiliki sifat fisika dan kimia yang kompleks. Batu bara menjadi salah satu komoditas tambang yang populer sejak dulu sampai sekarang karena mempunyai memiliki banyak kegunaan. Seperti untuk pembuatan plastik, pengganti kayu, dan bahan bakar untuk PLTU.

3. Minyak Bumi

Dengan sifatnya yang sangat vital bagi kehidupan manusia minyak bumi turut masuk ke dalam jenis bahan tambang organik. Bahkan, minyak bumi disebut sebagai jenis bahan tambang dengan kedudukan sangat tinggi. Hal ini karena kegunaannya yang sangat beragam. Contohnya untuk bahan bakar untuk kendaraan, bahan baku kegiatan industri, pembangkit listrik, dan keperluan di dalam rumah tangga.

4. Belerang

Selain minyak bumi, belerang juga menjadi bahan tambang organik yang sangat populer karena mempunyai banyak manfaat. Biasanya komoditas ini digunakan dalam pembuatan pupuk, kertas, plastik, cat, dan lain sebagainya. Belerang merupakan bahan tambang yang terbentuk dari proses vulkanis, sehingga banyak ditemukan di kawasan dekat gunung aktif. 

5. Gas Alam

Selanjutnya adalah gas alam yang memiliki kedudukan yang sangat tinggi di pasar global. Hal ini dikarenakan bahan ini memiliki banyak kegunaan dalam pembangunan ekonomi, dan khususnya untuk aktivitas sehari-hari.  Di samping itu, gas alam juga dimanfaatkan untuk berbagai keperluan industri. Salah satu contohnya adalah untuk menggerakan mesin-mesin produksi.

Setelah membaca artikel tentang barang tambang, kamu bisa melanjutkan membaca terkait bersebaran barang tambang dibawah ini.

Baca Artikel  Ketahui 7 Barang Tambang di Indonesia dan Persebarannya

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer