Senin, Mei 27, 2024
Berita Tambang5 Daerah Penghasil Emas Terbesar di Indonesia

5 Daerah Penghasil Emas Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Emas Terbesar – Emas adalah sumber daya alam mineral logam, yang secara umum dimanfaatkan sebagai perhiasan, bahan penyepuh, membuat huruf emas, fotografi, hingga perkakas laboratorium ilmiah.

Indonesia berada di peringkat ke-3 sebagai negara penghasil emas di Asia dengan produksi mencapai 48 ton per tahun.

Daerah Penghasil emas terbesar di Indonesia tersebar di sejumlah wilayah. Hampir semuanya berada di luar Pulau Jawa, yaitu:

1. Kabupaten Mimika di Papua merupakan penghasil tambang emas terbesar Tambang ini dikelola oleh PT Freeport Indonesia yang dapat menghasilkan 240 kilogram emas murni per harinya.

2. Batu Hijau, Sumbawa NTB merupakan penghasil emas terbesar di Indonesia setelah Papua. Di lokasi ini, emas yang telah berhasil ditambang sebanyak 2,77 juta ons.

Baca Artikel  Peroleh Harga Batubara Khusus, Industri Pupuk Bisa Efisien

Baca Juga: Pasokan Langka, Harga Batubara Diprediksi Naik!

3. Gosowong Halmahera menempati posisi ke-3 sebagai tambang emas terbesar di Indonesia, yang dikelola oleh PT Aneka Tambang. Setidaknya sudah 20 juta ons yang telah ditambang selama ini.

4. Pujon Kalimantan Tengah adalah salah satu tambang emas terbesar di Indonesia. Cadangan emas di sini tidak akan habis digunakan hingga beberapa puluh tahun mendatang.

5. Tujuh Bukit Banyuwangi, Jawa Timur merupakan salah satu wilayah terbesar di Indonesia. Tambang emas ini memiliki cadangan yang diperkirakan mencapai 1,9 miliar ton. Dari total tersebut, 28 juta ons di antaranya adalah emas.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer