Minggu, Mei 26, 2024
MinerbaBatubara5 Fakta Unik Barang Tambang, Ada di Mana-mana

5 Fakta Unik Barang Tambang, Ada di Mana-mana

Fakta Unik Barang Tambang – Indonesia dianugerahi sebagai negara yang kaya dengan sumber berbagai daya alam. Sangat melimpah, terutama kekayaan alam berupa barang tambang. Berbagai macam barang tambang tersebut tersebar dari Sabang sampai Merauke. Mulai dari batubara, mineral, hingga minyak dan gas bumi.

Hadirnya perkembangan teknologi yang semakin pesat, maka kekayaan alam pertambangan ini memberikan manfaat yang lebih banyak bagi kehidupan manusia.

Fakta fakta unik barang tambang yang harus diketahui oleh masyarakat luas antara lain:

1. Hampir semua benda yang dipakai di kehidupan sehari-hari berasal dari barang tambang. Mulai dari meja makan, gelas, piring dan sendok. Telepon genggam yang komponennya terdiri dari barang tambang seperti emas, nikel, platinum, tembaga, dll.

Baca Artikel  Pembangunan Smelter Nikel Buka Peluang Loker Baru

2. Supaya menjadi barang bermanfaat diperlukan proses yang panjang. Misalnya listrik, yang memberikan kemudahan bagi kehidupan manusia.

Semua perangkat elektronik yang membutuhkan listrik berasal dari pekerjaan banyak orang. Untuk mengambil barang tambang, diolah hingga bisa digunakan oleh masyarakat banyak.

Baca Juga: Dongkrak Ekonomi, Lahan Bekas Tambang Disulap jadi Ecotourism

3. Ilmu pertambangan mencakup semua bidang keilmuan. Kegiatan pertambangan melibatkan hampir semua disiplin ilmu mulai dari geologi, matematika, fisika, kimia, biologi, manajemen, ekonomi dan lain-lain.

Kombinasi berbagai bidang keilmuan tersebut kemudian dipadukan dengan teknologi pertambangan, sehingga berguna untuk mempermudah kehidupan manusia.

4. Barang tambang hanya tersedia pada daerah tertentu. Misalnya, batubara di daerah Kalimantan dan Sumatera, tapi tidak banyak di daerah lain, misalnya Jawa. Sehingga tidak semua barang tambang ekonomis untuk diproduksi.

Baca Artikel  Ilmuwan AS Menemukan Abu Batubara yang Kaya REE

5. Barang tambang tapi jarang “dilirik”. Misalnya orang banyak hanya mengenal batubara sebagai barang tambanga. Sama halnya seperti emas, nikel dan tembaga. Tetapi tidak banyak yang kalau barang tambang sangat beraneka ragam. Misalnya, pasir sebagai salah satu barang tambang yang patut untuk diperhitungkan.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer